Prof. Zamrun Ingatkan Peserta SMM Jangan Curang

  • Bagikan
Penyerahan Naskah UTBK jalur SMM oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sec., (dua dari kiri) kepada Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, M.T., sebagai Ketua Panitia Lokal (dua dari kanan) dan sekitarnya, diserahkan kepada Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi UHO, Dr. Saefuddin (pertama dari kanan) di gedung Pusat Teknologi informasi dan Komunikasi UHO

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 5.900 pendaftar jalur Seleksi Mandiri Masuk Universitas Halu Oleo (SMM UHO) tahun 2023, mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), kemarin (10/7). Pelaksanaan tes ditandai penyerahan naskah atau dokumen soal oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., kepada Ketua Panitia Lokal, Dr.La Hamimu, M.T., di Gedung Pusat Teknologi informasi dan Komunikasi UHO, Senin (10/7).


Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., mengatakan bahwa dalam kurun waktu satu tahun proses penerimaan mahasiswa terbagi menjadi tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. “Dan yang terkahir ini adalah SMM yang akan dilaksanakan selama 4 hari, terhitung dari 10 hingga 14 Juli 2023,” terangnya.


Prof Zamrun menyebut dalam UTBK jalur SMM kali ini dipusatkan di kampus baru UHO. Sedangkan untuk daya tampungnya, yaitu 30 persen dari total daya tampung setiap Program Studi (Prodi). “Tapi bisa saja kuota SNBP dan SNBT ada yang tidak registrasi ulang, maka kuotanya kita alihkan ke SMM kali ini. Jelasnya bisa saja lebih dari 30 persen dari daya tampung setiap Prodi,” bebernya.


Ketua KAGAMA Sultra ini, mengungkapkan, bahwa untuk total peserta UTBK jalur SMM, kurang lebih 5.900 orang. “Makanya pelaksanaan UNBK nya selama empat hari dan setiap harinya kita bagi menjadi tiga sesi yakni pagi, siang dan sore,’ ungkapnya.


Ia juga mengimbau kepada peserta yang mengikuti tes untuk berlaku jujur, mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya dan jangan melakukan kecurangan yang dapat berakibat fatal. “Percaya pada kemampuan sendiri, insyaa Allah dikerjakan dengan baik dan hasil bagus pasti bakal lulus serta tidak usah khawatir tidak ada intervensi dari mana pun,” tambahnya.


Ia menambahkan, Prodi atau jurusan yang paling diminati seperti Farmasi, Kedokteran, Manajemen, Akuntansi dan Teknik Informatika. “Yang jelas paling banyak diminati tidak jauh dari lima prodi tersebut. “Bagi calon mahasiswa jangan gampang terpengaruh dengan isu-isu dari luar seperti permintaan atau iming-iming oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tetap fokus dan hadapi UTBK dengan baik, insyaa Allah kalau nilainya bagus pasti lulus,” pungkas Ketua PSSI Sultra ini. (win/b)

  • Bagikan