Abdul Azis Mengawal Stabilitas Daerah

  • Bagikan
Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis (kiri) menyerahkan bantuan dana partai politik kepada Ketua DPC Partai NasDem Koltim, Hartini Azis (kanan) dalam kegiatan silaturahmi kebangsaan, Minggu (9/7), kemarin.


Demi Kelancaran Pembangunan dan Suksesnya Pemilu 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Terjaminnya stabilitas politik dan keamanan di daerah menjadi syarat mutlak dalam pembangunan daerah. Nah, pada tahun politik ini, menjelang Pemilu 2024, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis terus mengawal dan menjamin stabilitas daerahnya demi kelancaran pembangunan dan kesuksesan agenda nasional, Pemilu dan Pilkada 2024.

Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis mengatakan pada tahun politik ini, percepatan pembangunan daerah harus terus ditingkatkan baik pembangunan fisik maupun nonfisik, sehingga pembangunan daerah tidak terabaikan akibat adanya perhelatan demokrasi pada tahun 2024.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim dalam kendali Plt.Bupati Abdul Azis mengundang pengurus parpol, anggota DPRD Koltim, penyelenggara pemilu (KPU & Bawaslu), TNI, Polri, akademisi dan masyarakat dalam kegiatan silaturahmi kebangsaan. Kegiatan itu dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam balutan sinergisitas antarlembaga.

"Sinergisitas antarlembaga ini sangat penting dalam pembangunan daerah untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan," ujar Plt.Bupati Abdul Azis saat membuka kegiatan silaturahmi kebangsaan, Minggu (9/7), kemarin.

Menjelang Pemilu 2024, Plt.Bupati Abdul Azis berharap semua pihak bergerak dan mendeteksi dini segala potensi-potensi yang dapat mengganggu situasi stabilitas daerah yang kondusif saat ini.

"Suksesnya Pemilu dan Pilkada 2024 merupakan tanggung jawab kita bersama. Sinergisitas harus terus dijaga guna meningkatkan kesamaan persepsi dan partisipasi pemilih," kata Plt.Bupati Abdul Azis.

Wakil Bupati Koltim itu menambahkan, sinergisitas itu juga sangat penting dalam menjaga kondusivitas, stabilitas, dan ketertiban daerah dalam menghadapi tahun politik. Terlebih lagi, meningkatnya penggunaan media sosial yang berpotensi memproduksi berita bohong (hoaks). Ia meminta semua pihak mengedukasi masyarakat agar tidak terjebak dalam politik identitas dan tidak tergoda dengan politik uang.

Dalam silaturahmi kebangsaan itu, Plt.Bupati Abdul Azis menyerahkan bantuan dana bagi
partai politik (parpol) peraih kursi di DPRD Koltim berdasarkan suara sah hasil Pemilu 2019. Menurutnya, bantuan itu dapat membantu parpol meningkatkan peran aktif dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat agar berpolitik dengan martabat. "Saya berharap parpol melaksanakan pendidikan politik guna mendidik masyarakat menuju demokrasi yang berkualitas," tegasnya.

Terpisah, Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Koltim, Subhan Jaya, mengatakan bantuan dana parpol disalurkan dengan jumlah yang berbeda setiap parpol. Besaran bantuan berdasarkan suara sah parpol hasil Pemilu 2019 yang mendapat kursi di DPRD.

"Kami berharap bantuan keuangan bagi partai politik dapat digunakan secara proporsional, terutama untuk mendukung kegiatan pendidikan politik, khususnya bagi pemilih pemula, melalui sosialisasi pendidikan politik," ujar Subhan. (kus/b)

  • Bagikan