Kendari Pos -Polda Sultra Kolaborasi Mengawal Kamtibmas

  • Bagikan
Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan (kiri), Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kanan), usai penandatanganan MoU, di Balai Wartawan Polda Sultra, Kendari, senin (30/1).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Terjaminnya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Sultra memang tugas Polda Sultra. Namun, idealnya tugas itu turut ditopang dukungan berbagai elemen, termasuk media massa. Polda Sultra pun menggandeng Kendari Pos melalui platform media online, yakni KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID. Dua lembaga itu berkolaborasi dalam mengawal Kamtibmas di Sultra, sesuai peran dan tugas masing-masing.

Kasubbid Penmas Polda Sultra, Komisaris Polisi (Kompol) Tiswan mengatakan, dalam menciptakan dan merawat Kamtibmas di tengah masyarakat, Kepolisian tidak bisa bekerja mandiri. Butuh kerja sama semua pihak termasuk media massa seperti KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID.

"Kami tidak mungkin menyapa satu per satu masyarakat Sultra untuk menyampaikan pesan edukasi Kamtibmas yang telah diprogramkan. Butuh media massa melalui berita yang disuguhkan dengan baik, diharapkan menyentuh seluruh lapisan masyarakat," kata Kompol Tiswan usai penandatanganan MoU bersama media massa di Balai Wartawan Polda Sultra, Senin (30/1), kemarin.

Sinergisitas Kepolisian dengan media massa, kata dia, akan terus terjalin. Karena peran media massa sangat besar khususnya dalam aspek mempengaruhi publik melalui sajian informasi yang kredibel, berbasis data, dan akuratif. Karena itu, Kepolisian senantiasa merawat hubungan baik bersama media massa.

"Menjaga daerah kita dari berbagai potensi gangguan bukan hanya tugas kepolisian. Media massa juga memiliki tanggungjawab besar karena sebagai salah satu pilar demokrasi, maka media massa dapat mengambil peran menciptakan dan mengawal Kamtibmas. Tentunya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya," tandas Kompol Tiswan.

Sementara itu, Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin mengatakan KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID siap bersinergi bersama Polda Sultra dalam upaya menciptakan Kamtibmas di tengah masyarakat. Jelang Pemilu 2024, gaung sosialisasi Kamtibmas mesti lebih ditingkatkan untuk mereduksi berbagai potensi celah terjadinya kriminalitas sosial.

"Tak hanya melalui pemberitaan yang menyampaikan pesan edukasi Kamtibmas, tetapi pembahasan atau diskusi soal Kamtibmas mesti digelar secara gradual bersama Polda Sultra. Terutama membicarakan soal analisis potensi mendalam dana menyeluruh yang dapat mengganggu Kamtibmas jelang Pemilu 2024 yang rentan terjadi konflik," kata Awal Nurjadin.

Mantan Manajer Iklan Kendari Pos itu menilai, terciptanya Kamtibmas sangat penting di tengah keberagaman masyarakat. Sebagai tonggak dasar keberlangsungan tatanan dalam berbangsa dan bernegara.

"Penting meningkatkan kamtibnas, agar derap langkah pembangunan daerah, laju perekonomian, dan ketertiban di tengah masyarakat senantiasa terjaga. Dan Kendari Pos senantiasa siap bersinergi untuk itu," tandas Awal Nurjadin. (ali/b)

Kolaborasi Mengawal Kamtibmas

  • Bagikan

Exit mobile version