Gubernur Ali Mazi Pimpin Upacara Peringatan HKN ke-58 di Kolut

  • Bagikan
Gubernur Sultra, Ali Mazi memberikan penghargaan bidang kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19 kepada Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi dan beberapa kepala daerah usai upacara HKN ke-58 di Kolut, baru-baru ini. Tampak Wakil Ketua DPRD Sultra Jumarding (kanan), Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu (dua kanan), Bupati Kolaka Ahmad Safei (tiga kanan), dan Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr Putu Agustin Kusumawati (belakang, kiri) ikut mendampingi. Dalam kesempatan itu, gubernur juga menyalurkan bantuan untuk masjid, pelaku UMKM, dan bantuan langsung tunai.

Pelayanan Kesehatan di Sultra Makin Baik

Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr Putu Agustin Kusumawati mengapresiasi pelaksanaan HKN ke-58 di Kolut. Menurutnya, Kolut telah berhasil mencapai semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC). "Karena itulah sehingga Kolut didaulat menjadi tuan rumah peringatan HKN," jelasnya, kemarin.

Lanjut dia, peringatan hari kesehatan ini, menjadi momentum saling menguatkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat supaya bahu membahu dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. "Melalui peringatan HKN ini, kita berharap bisa bangkit dari pandemi Covid19," harapnya.

dr Putu menambahkan, pelayanan kesehatan di Bumi Anoa semakin baik. Tercatat hampir mencapai target standar pelayanan minimal. Dirinya akan mengupayakan agar standar pelayanan kesehatan ini bisa mencapai maksimal. "Pelayanan kesehatan kita sudah menuju kearah yang lebih baik. Saat ada lonjakan pandemi Covid19, kita sudah bisa mengantisipasinya dengan baik. Selain itu, penyakit gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak, kita juga bisa mengantisipasinya. Sehingga, hingga saat ini belum ada penambahan kasus," terangnya.

Di momen HKN ini pula, dirinya mengimbau, agar masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat, menerapkan protokol kesehatan, dan mengikuti program pemerintah di bidang kesehatan, terkait vaksinasi covid dan vaksin pada anak dan balita. "Selain kesadaran masyarakat, kami juga akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Terutama dari segi infrastruktur, sarana prasarana dan SDM-nya," janjinya.

Pj. Bupati Kolut Parinringi bersyukur peringatan HKN dipusatkan diotoritanya. Menurutnya, penyelenggaran HKN berdampak positif terhadap perekonomian daerah. Kendati demikian, yang terpenting kata Paringringi, HKN diharapkan menjadi momentum bagi seluruh insan untuk tetap waspada terhadap situasi pandemi Covid-19 saat ini. "Semua pihak tetap berupaya menjaga kesehatan, memprioritaskan promotif preventif dan semakin menggalakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," pungkasnya. (b/jib/ags)

Masyarakat Sehat, Sultra dan Indonesia Bangkit//

  • Bagikan