432 Penyandang Disabilitas Tercover Bansos Tunai

  • Bagikan
AGUS SETIAWAN/KENDARI POS BANTUAN SOSIAL : Penyaluran bansos di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kendari beberapa waktu lalu. Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai.

-Besaran Rp 750 Ribu, Disalurkan Desember

KENDARINEWS.COM--Kabar gembira bagi penyandang disabilitas di Kendari. Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai. Di Kendari, sebanyak 432 kaum difabel tercover bantuan ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari Abdul Rauf mengungkapkan bansos tunai diberikan dalam rangka memitigasi dampak inflasi akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis pertalite dan solar per 3 September 2022. Sebanyak 432 penyandang disabilitas bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah setelah melalui asesmen Dinsos Sultra.

"Pemerintah pusat dalam hal ini telah menginstruksikan seluruh daerah di Indonesia untuk membelanjakan 2 persen dari Dana Teansfer Umum (DTU) untuk bansos bagi masyatakat. Alhamdulillah Kota Kendari kebagian bantuan tersebut dari Pemprov Sultra," ungkap Abdul Rauf kemarin.

Nantinya, bantuan ini akan disalurkan melalui Kantor Pos Cabang Kendari. Bagi penyandang disabilitas diminta untuk menyiapkan identitas diri (E-KTP) guna memudahkan proses pencairan bantuan.

Mantan Kabag Kesra Setda Kota Kendari ini berharap, bantuan yang diberikan bisa mengurangi dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM. Disisi lain, bantuan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat memenuhi kebutahan sehari- harinya.

Sekedar informasi, Kota Kendari kebagian Rp 324 juta bansos tunai tahun ini. Bansos tunai berasal dari DTU (Dana Alokasi Umum/Dana Bagi Hasil) Provinsi Sultra tahun 2022. Setiap penyandang disabilitas bakal mendapatkan bantuan sebesar Rp 750 ribu. (c/ags)

  • Bagikan