Mesin Pompa Baru PDAM Butuh Waktu Sebulan Pemasangan

  • Bagikan
Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin (kedua dari kanan) saat menjelaskan permasalahan yang dihadapi PDAM kepada Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (kedua dari kiri), Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Ridwansyah Taridala (kiri) dan Asisten I Pemkot Kendari Amir Hasan (kanan), kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa harus sedikit bersabar. Dua mesin pompa air yang baru belum bisa segera dioperasikan. Saat ini, PDAM masih sementara melakukan pemasangan mesin. Pemasangan diperkirakan butuh waktu sebulan.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengungkapkan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan air bersihnya. Itu diwujudkan dengan menghadirkan dua mesin pompa baru asal Jerman. Dari hasil pantauan, pemasangan mesin belum selesai.

"Insya Allah November dua mesin ini sudah beroperasi. Jika masih ada gangguan air di rumah-rumah warga mohon dimaklumi. Selain pemasangan dua mesin baru PDAM juga sementara melaksanakan perbaikan beberapa jaringan air," ungkapnya usai memantau pemasangan mesin baru di Intake Pohara, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari Damin mengatakan pemasangan mesin baru kali ini membutuhkan waktu cukup lama. Pasalnya, pihaknya terlebih dahulu harus membongkar dudukan pompa lama. "Dudukan pompa lama kita bongkar agar mesin yang baru bisa terpasang. Proses ini kami estimasi membutuhkan waktu sebulan," ungkapnya.

Akibat pemasangan mesin baru ini, pompa air yang beroperasi saat ini hanya satu mesin. Kondisi ini menyebabkan distribusi air terganggu khususnya di enam Kecamatan yang meliputi Kecamatan Wuawua, Mandonga, Kadia, Kendari, Kendari Barat, dan Kecamatan Puuwatu. "Kami harap masyarakat bisa bersabar," ungkap Damin.

Sekedar informasi, dua mesin pompa baru yang didatangkan dari Jerman. Fungsinya mendorong air dari Intake Pohara ke Water Treatment Plant (WTP) Punggolaka. Selain itu, pemerintah juga mengalokasi anggaram penggantian valve di jalur distribusi hingga pengadaan pompa 40 liter per detik untuk PDAM unit Andonouhu. Total anggarannya sebesar Rp 10 yang bersumber dari APBD 2022. (b/ags)

Peningkatan Kualitas Layanan PDAM

  1. Pengadaan Dua Mesin Pompa Baru Intake Pohara
    -Kapasitas 350 Liter Perdetik
    -Kualitas Lebih Unggul
    -Bersertifikat ISO
    -Jaminan Spare Part 10 Tahun
    -Service Maintenance Berkala dari Penyedia
    -Punya Service Center Lebih Dekat di Sulawesi Selatan
  2. Perbaikan Jaringan Pipa Air
  3. Pengadaan Pompa 40 liter per detik di Unit PDAM Andonouhu.
  4. Penggantian Valve di jalur Distribusi
  • Bagikan