Rekomendasi Kuliner yang Ada di Medan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kota Medan, selain menjadi salah satu kota metropolitan di pulau Sumatera, kota ini juga menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia. Letaknya yang strategis, membuat kota ini menjadi tempat transit dan ramai dikunjungi orang. Budaya Batak yang kental juga membuat Medan memiliki magnet yang tidak bisa ditemui di kota lain.

Bandara Kualanamu adalah bandara terbesar yang ada di Provinsi Sumatera Utara tersebut. Letaknya memang bukan di Kota Medan. Berlokasi di Kota Deli Serdang atau sekitar tiga puluh menit perjalanan kereta api dari kota yang terkenal dengan Istana Maimun-nya ini. Selain dengan kereta, Anda juga bisa tetap pergi ke pusat kota dengan transportasi lain seperti ojek, taksi, ataupun motor.

Pesawat yang memiliki tujuan Medan sangat banyak. Anda bisa pesan Sriwijaya Air di Traveloka, ataupun maskapai lain. Bandara Kualanamu juga melayani penerbangan internasional, tidak hanya domestik saja. Semisal Anda ingin berjalan-jajalan ke Singapura, Malaysia, atau Thailand, Anda bisa berangkat dari kota ini dengan mudah.

Selain keindahan Danau Toba dan dinginnya Berastagi, ada banyak alasan kenapa Medan sangat cocok menjadi tujuan wisata. Selain kotanya yang sangat welcome dengan pertumbuhan bisnis, destinasi wisata yang beragam, sejarah yang kuat, kulinernya juga menggoyang lidah. Ada banyak makanan enak yang bisa Anda temukan di sini namun tidak ada di tempat lain. Nah, bila Anda ingin berburu kuliner di Medan, berikut beberapa rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi:

  1. Mie Balap

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa namanya Mie Balap? Seperti sebuah kompetisi saja. Usut punya usut, makanan yang terbuat dari bahan dasar mie ini disebut mie balap karena proses pembuatannya yang cepat seperti sedang balapan.

Anda tidak akan kesulitan menemukan mie ini karena penjualnya sangat banyak dan ada hampir di seluruh penjuru Kota Medan. Mie ini digoreng dan mendapatkan tambahan topping seperti telur, suwiran ayam, atau udang. Anda bebas memilih mau yang rasa seafood atau biasa.

Mie Balap biasa menjadi menu sarapan pagi karena harganya murah (terentang dari Rp 7.000,00-Rp 12.000,00 per porsi) dan mudah didapat. Selain itu, rasanya juga enak. Siap untuk mencoba?

  1. Ci Cong Fan

Kudapan yang terbuat dari tepung beras dan Tang Mien ini sangat terkenal di Medan. Lembaran-lembarannya dilipat dan biasa diisi dengan daging ayam, daging sapi, ataupun daging babi (non halal). Sebagai pelengkap, ada kuah kecap asin ataupun saus asam manis bagi Anda yang lebih suka dengan rasa yang segar.

Saat ini, isian Ci Cong Fan menjadi lebih variasi karena bahkan ada yang diisi sayuran untuk mereka yang memang vegetarian. Kudapan yang satu ini sangat cocok dinikmati sambil minum teh hangat saat pagi ataupun sore hari.
Sebagai street food, Ci Cong Fan jarang ditemui di Restoran atau Rumah Makan yang besar. Tenang, Anda justru bisa menemukannya dengan mudah di warung-warung jajanan pinggir jalan ataupun oleh pedagang yang berkeliling menggunakan sepeda atau motor.

  1. Lontong Medan

Menu yang satu ini bisa Anda nikmati untuk pagi, siang, maupun malam hari. Perbedaan lontong Medan dengan Lontong sayur dari tempat lain terletak pada kuah santannya. Kuah lontong Medan mengandung tauco.

Sedangkan untuk topping, Lontong Medan yang lengkap memiliki tambahan bihun goreng, kerupuk kentang, ikan teri, dan juga sambal tempe. Tidak heran kalau cita rasa Lontong Medan menjadi sangat kaya di lidah penikmatnya.

Sedangkan untuk tambahan lauk, Anda bisa meminta telur balado atau ikan. Beberapa rekomendasi tempat yang tepat untuk menikmati Lontong Medan adalah Lontong Medan Kak Lin. Berlokasi di Jalan Teuku Cik Di Tiro, Lontong Medan Kak Lin bisa dibilang unik karena kuahnya ditambah bumbu pecel.

Kemudian ada juga Lontong Kedai Ayin, Lontong Kedai Pak Kumis, dan juga Lontong Pak Haji. Setiap tempat memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.

  1. Bakso Methodist

Jangan pernah meninggalkan Medan sebelum mencoba bakso yang satu ini. Mendapat sebutan Bakso Methodist karena dulunya warung bakso ini buka di depan Universitas Methodist Indonesia. Namun saat ini, Anda bisa menemukan bakso Methodist di jalan Hang Tuah. Bakso Methodist juga sering disebut sebagai Bakso H. Siran.

Apa yang membedakan bakso ini dengan bakso lainnya? Kalau bakso lain biasanya mendapat tetelan, Bakso Methodist justru dilimpahi dengan potongan daging sapi hingga mangkok terasa penuh. Namun tidak hanya itu, pengunjung juga akan ditanya terlebih dahulu apakah lebih suka menambahkan mie kuning, mie putih, atau kwetiau.
Kuah baksonya sangat kental dan berbumbu. Semangkok bakso yang disajikan jadi terasa semakin nikmat bila kita menambahkannya dengan segelas es the. Meski berporsi besar, harga semangkok bakso Methodist bisa dibilang cukup terjangkau.


Nah, itu dia kuliner Medan yang wajib Anda buru dan coba. Jangan lupa cek Traveloka untuk booking tiket pesawat dan juga hotel di sana. Selamat berburu! (fara)

  • Bagikan

Exit mobile version