Jelang Kick Off Pemilu 2024, KPU Sultra Matangkan Persiapan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kick Off tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak rencana dimulai 14 Juni mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) di level pusat maupun daerah, terus mematangkan persiapan, demi suksesnya hajatan lima tahunan tersebut.

Kesiapan serupa juga dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra. Lembaga yang dinakhodai La Ode Abdul Natsir Muthalib ini punya komitmen kuat supaya Pemilu di Bumi Anoa berjalan lancar, aman dan sukses.

"Tanggal 13-15 Juni, kami akan menggelar rakornas di Jakarta. Dalam momentum itu, memungkinkan sekaligus launching pelaksanaan Pemilu 2024," ungkap La Ode Abdul Natsir Muthalib saat berbincang dengan tim Manajemen Kendari Pos di ruang Kerjanya.

Meski teknis pelaksanaan Pemilu masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat, namun pihaknya sudah punya gambaran kegiatan yang akan dilakukan. Seperti penetapan peserta Pemilu, proses penetapan daerah Pemilu, pemutakhiran data, dan sebagainya. "Tentu saja ini bukan hal baru. Tapi, persiapan matang sangat dibutuhkan. Ini yang saya ingatkan kepada seluruh jajaran KPU di daerah," jelasnya.

Ketua KPU Sultra, Dr. La Ode Abdul Natsir Muthalib (tiga dari kanan) foto bersama Pemred Kendari Pos, Inong Saputra (dua dari kanan) beserta jajaran manajemen Kendari Pos. FOTO: Muh Abdi/Kendari Pos

KPU Sultra beserta jajaran penyelenggara di daerah telah melakukan rapat dan konsilidasi berhubungan dengan pelaksanaan pemilu. Semua divisi sudah jalan baik konsolidasi maupun evaluasi. Seperti evaluasi pemilu 2019 dan Pilkada 2020.

"Evaluasi ini sangat penting, supaya kalau ada yang kurang bisa disempurnakan. Adapun hal-hal baik bisa ditingkatkan," jelasnya.

Terkait anggaran Pemilu, Ojo--sapaan akrab Abdul Natsir menjelaskan, masih menunggu petunjuk dari pusat. Sebab, semua pengelolaan diatur dari KPU Pusat. "Prinsipnya kami masih menunggu, seperti apa item pendanaan Pemilu serentak. Semoga saat rakornas nanti sudah ada gambaran soal itu," imbuhnya. (ali)

  • Bagikan