Sultra Tuan Rumah PTQ Nasional 2023

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gubernur Sultra Ali Mazi sangat khatam soal urusan menjadi tuan rumah level nasional. Tak sedikit event nasional sukses digelar di Sultra. Berbekal pengalaman itu, Gubernur Ali Mazi mengutus Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) untuk menjemput kehormatan sebagai tuan rumah Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-53 RRI tahun 2023.

Hal itu juga tidak bisa dilepaskan dari Sultra yang telah memiliki kawasan MTQ secara permanen yang hingga kini tetap menjadi ikon serta kebanggaan masyarakat Sultra. Bahkan pernah mengantarkan Sultra menyabet predikat terbaik dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada pelaksanaan MTQ ke-21 nasional tahun 2006 di periode pertama Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Plh. Sekda Sultra, Asrun Lio mengatakan, penunjukan Sultra tuan rumah PTQ tahun 2023 sebagai salah satu indikator Sultra sukses melaksanakan event nasional yang digelar di Sultra. Gubernur Sultra Ali Mazi sudah bersurat kepada Direktur Utama LPP RRI di Jakarta terkait kesiapan Sultra menjadi tuan rumah PTQ nasional.

LPP RRI merespons dan menyetujui Sultra sebagai tuan rumah melalui Keputusan Direksi LPP RRI sesuai Surat Direktur Utama LPP RRI Nomor : 605/DU/04/2022 April 2022. Pemprov Sultra tak hanya siap menjadi tuan rumah namun bersedia membantu dan memfasilitasi LPP RRI Kendari sebagai pelaksana di daerah.

"PTQ RRI ini merupakan kegiatan perlombaan tilawatil Quran nasional yang paling tua dari Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Untuk itu, selayaknya kita dukung bersama dan tetap menjadi agenda rutin yang terus bergulir untuk dilaksanakan karena selain sebagai syiar Islam, PTQ juga sebagai pemersatu bangsa, mengingat seluruh daerah di Indonesia bertemu dalam ajang ini," ujar Asrun Lio yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra ini,Minggu (17/4).

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO itu menambahkan PTQ di Sultra nantinya akan digelar pameran dan kegiatan lainnya yang melibatkan masyarakat dan pihak terkait. Masyarakat dapat bersama-sama mengambil peran dalam mempromosikan Provinsi Sultra, yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan UMKM.

Asrun Lio mengungkapkan, PTQ di Kabupaten Aceh Tengah dihadiri sekira tiga ribu peserta. Jumlah itu belum termasuk tamu undangan lainnya. Jika jumlah ini hadir di Sultra nantinya maka akan lebih memberi dampak positif bagi daerah, utamanya dalam memperkenalkan potensi dan kekayaan SDA Sultra. (m4)

  • Bagikan