Aksan Jaya Putra : Mengokohkan Ketakwaan

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi III DPRD Prov. Sultra, Aksan Jaya Putra, B.Bus

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bulan suci ramadan untuk melatih diri meningkatkan ketakwaan dan ketaatan umat muslim kepada Allah SWT. Taat menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi Larangan-Nya. Mari merenungi hakikat ajaran takwa dalam berpuasa di bulan penuh magfirah ini.

Imam al Ghazali dalam kitabnya Ihya ‘Ulumiddin menjelaskan orang berpuasa mengontrol asupan makanan dan minuman ke dalam tubuhnya. Saat asupan berhasil dikontrol maka gejolak nafsu dalam diri manusia pun akan terkendali. Sehingga hasrat maksiat pun ikut redup.

Allah dalam firman-Nya menegaskan tujuan ibadah puasa untuk mencapai ketakwaan sesuai surah Al Baqarah (2):183. Ayat itu menjelaskan puasa adalah jembatan menuju ketakwaan karena saat berpuasa syahwat manusia akan terkontrol. Puasa mengajarkan kita arti kejujuran dan menjalankan ibadah sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Mari menjadikan puasa sebagai pijakan dalam menapaki tangga ketakwaan. Mari memperbanyak kebajikan, berbagi kepada yang fakir untuk meraih keberkahan hidup, sekarang dan akan datang. (din)

  • Bagikan