Buka Tiap Hari, Sore Layanan Tutup

  • Bagikan

Layanan Vaksinasi di Kantor Dinkes

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID– Untuk meningkatkan imunitas terhadap covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tetap membuka gerai vaksinasi di bulan Ramadan. Hanya saja, jam layanan di sejumlah gerai terbatas. Salah satunya di pelataran kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari. Pasalnya, vaksinator butuh waktu istirahat selama menjalankan ibadah puasa.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengakui beberapa gerai vaksinasi tidak membuka layanan hingga sore hari. Namun warga tak perlu khawatir, sebab masih banyak alternatif lain. Diantaranya Rumah Sakit (RS), Polresta hingga fasilitas kesehatan (Faskes) lainnya. “Petugas kesehatan (Nakes) kan butuh istirahat. Apalagi mereka juga puasa. Kalau sudah ditutup, masih ada Faskes lain yang membuka layanan vaksinasi. Jadi, tinggal masyarakat yang menyesuaikan saja. Sekarang sudah banyak pilihan layanan vaksin dan bukan hanya di pelataran kantor Dinkes Kendari,” ujar Sulkarnain kemarin.

Kendati demikian, ia menjamin gerai vaksinasi di buka setiap hari. Kebijakan ini tak lain untuk memudahkan warga yang belum divaksin baik dosis I, II dan booster. Apalagi wajib vaksin dan booster kini menjadi syarat keluar daerah maupun mudik.

Mantan anggota DPRD Kota Kendari ini mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Selain vaksin, disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menjadi cara ampuh terpapar covid. Di sisi lain, pihaknya terus menguatkan penanganan melalui tracing, testing dan treatment atau 3T. “Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Nakes dan petugas publik dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan untuk melakukan pemutusan penyebaran covid-19. Vaksin sangat penting bukan hanya untuk melindungi individu, namun juga keluarga dan masyarakat secara luas,” ujarnya. (b/m1)

  • Bagikan