SEMANGAT JUANG GEMILANG PEMUDA, DI PANGGUNG POLITIK

  • Bagikan
La Ode Rafiudin, SM Ketua DPRD Muna Barat (IST)
La Ode Rafiudin, SM Ketua DPRD Muna Barat (IST)

-- Memimpin DPRD di Usia Muda, Representasi Pemuda Masa Kini

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Hari ini, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2024. 96 tahun lalu, pemuda Indonesia berikrar dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia pada momen Kongres Pemuda 28 Oktober 1928. Dalam dimensi dan konteks berbeda, semangat juang itu tak pernah luntur dalam jiwa kaum muda hingga saat ini.

Adalah La Ode Rafiudin, sosok pemuda masa kini yang memiliki daya juang tinggi. Sosok pemuda kelahiran Lasosodo, Kabupaten Muna Barat (Mubar) 19 April 1995 silam itu sangat tangguh dalam memperjuangkan cita-cita maupun aspirasi rakyat. Indikatornya, 2 kali Rafiudin terpilih di parlemen.

Pemilu 2019, Rafiudin terpilih menjadi anggota DPRD Mubar. Berkat kegigihannya untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, Rafiudin kembali terpilih menjadi anggota DPRD Mubar pada Pemilu 2024. Kali ini, dia menduduki kursi pucuk pimpinan, Ketua DPRD Mubar periode 2024-2029. Posisi itu diraihnya di usia muda, 29 tahun. Titisan semangat juang pemuda pada masa perjuangan 1928 seperti mengalir dalam diri Rafiudin. Semangat juang pemuda yang mengantarkan Rafiudin gemilang di panggung politik.

Ketua DPRD Muna Barat La Ode Rafiudin (kanan) bersama Penjabat Bupati Muna Barat, La Ode Butolo saat memimpin rapat paripurna perdana pertama usai dilantik menjadi Ketua Sementara DPRD Muna Barat periode 2024-2025, 16 Oktober 2024.

“Saya adalah orang yang tipikalnya bergaul dengan semua kalangan. Mulai dari orang tua sampai remaja saya bergaul. Saya selalu berinteraksi dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan. Pada setiap hajatan atau acara di kampung, saya berupaya untuk selalu hadir. Bagi saya, hubungan sosial dan silaturahmi dengan masyarakat harus tetap terjalin,” ujar Rafiudin kepada Kendari Pos, Minggu (27/10/2024).

Soal kecerdasan dan ketangguhan politisi muda Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu di panggung politik, jangan di tanya. Terbukti Rafiudin terpilih 2 periode di parlemen Mubar. Ia berhasil merebut hati rakyat dan memilihnya menjadi wakil rakyat di DPRD. Sepak terjang Rafiudin juga mampu meyakinkan partai politiknya untuk memimpin DPRD Mubar setelah meraih suara terbanyak pada Pemilu 2024. “Saat ini, saya menjadi Ketua DPRD Mubar berkat dukungan masyarakat. Saya tidak boleh lupa dengan itu, makanya saya selalu hadir ditengah-tengah mereka,” kata Rafiudin.

Karier Rafiudin di panggung politik sangat moncer dalam rentang waktu 6 tahun, 2018-2024. Kali pertama bergabung di DPC PDIP Mubar tahun 2018. Pemilu 2019, Rafiudin memulai debutnya sebagai calon anggota legislatif Mubar. Kala itu, ia berhasil memperoleh 467 suara dan terpilih sebagai anggota DPRD Mubar periode 2019- 2024 untuk daerah pemilihan Kecamatan Lawa, Wadaga, Barangka dan Tiworo Selatan.

Ketua DPRD Muna Barat, La Ode Rafiudin didampingi istri Wa Ode Siti Hartinah (2 dari kanan) bersama ayah La Ode Morongga (kanan) dan ibunya, Wa Daharia (kiri) usai pelantikan anggota DPRD Muna Barat pada 16 Oktober 2024. Anak kedua dari 4

bersaudara dari pasangan La Ode Morongga dan Wa Daharia itu memang dikenal memiliki pribadi yang sederhana dan merakyat. Selama menjadi anggota DPRD Mubar periode 2019-2024, Rafiudin tidak lupa kepada konstituennya. Kebersamaannya dengan masyarakat yang telah mengantarnya menduduki kursi DPRD Mubar tetap dijaga dan dirawat dengan baik.

Setiap reses, Rafiudin ia turun menyapa, mendengarkan dan menampung aspirasi masyarakat dan diperjuangkan dengan lantang disetiap sidang kedewanan. Hal itulah yang membuat Rafiudin tetap dicintai konstituennya dan kembali dipilih menjadi anggota DPRD Mubar periode 2024-2029. Bahkan perolehan suaranya meningkat tajam menjadi 1.105 suara.

Rafiudin mengaku pencapaiannya di panggung politik saat ini tentu berkat dukungan banyak pihak. Selain masyarakat, dukungan terbesar juga datang dari kedua orang tua, istri, saudara dan keluarga besarnya. “Semua ini tentu tidak lepas dari dukungan yang luar biasa dari keluarga. Saya bisa jadi anggota DPRD tidak lepas dari dukungan dari kedua orang tua dan istri. Karena setelah saya menyelesaikan kuliah dan mencalonkan diri di DPRD Mubar pada 2019, saya tidak punya apa-apa selain dukungan dan doa dari keluarga dan juga masyarakat. Makanya pengabdian kepada masyarakat dan keluarga menjadi fokus utama saya selama menjabat anggota DPRD Mubar hingga saat ini,” ungkap suami Wa Ode Siti Hartinah itu. (ahi/b)

  • Bagikan