Jalur Politik jadi Pilihan Mengabdi untuk Rakyat

  • Bagikan
Ketua DPRD Muna Barat La Ode Rafiudin (tengah) didampingi sang istri, Wa Ode Siti Hartinah (2 dari kanan) dan sang ibu Wa Daharia (2 dari kiri) bersama keluarga usai pelantikan anggota DPRD Muna Barat periode 2024-2025, 16 Oktober 2024. (IST)
Ketua DPRD Muna Barat La Ode Rafiudin (tengah) didampingi sang istri, Wa Ode Siti Hartinah (2 dari kanan) dan sang ibu Wa Daharia (2 dari kiri) bersama keluarga usai pelantikan anggota DPRD Muna Barat periode 2024-2025, 16 Oktober 2024. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- IMPIAN untuk mengabdi kepada rakyat sudah terpatri dalam diri Rafiudin saat ia kuliah di Universitas Halu Oleo (UHO). Keinginan mengabdi kepada rakyat melalui partai politik menjadi pilihannya ketika itu. Rafiudin meretas jalannya dengan menempa diri melalui organisasi di kampus dan luar kampus.

Keinginan berpolitik itu semakin besar ketika ia bergabung menjadi kader HMI pada 2015 silam.

Kemudian ia berhasil menduduki sejumlah pimpinan organisiasi di UHO. Mulai dari Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen pada 2015 - 2016 hingga Ketua BEM Fakultas Ekonomi UHO 2017 - 2018 dan menamatkan studi S1.

Ketua DPRD Muna Barat La Ode Rafiudin (tengah) didampingi istri Wa Ode Siti Hartinah (5 dari kanan) bersama keluarga besarnya usai pelantikan anggota DPRD Muna Barat periode 2024-2025, 16 Oktober 2024.

“Niatan itu (terjun di dunia politik) nanti muncul saat saya duduk di semester III di kampus. Saya mulai ikut organisasi. Saat itu saya niatkan, masa studi di perguruan tinggi ini hanya penunjang untuk karier politik saya. Makanya kewajiban kuliah tak pernah saya abaikan namun tetap fokus dalam kegiatan organisasi sebagai bekal untuk menggapai cita-cita,” kata Rafiudin.

Rafiudin mengaku semangatnya terjun di dunia politik untuk memberikan pengadian yang lebih luas pada masyarakat. Menurutnya dengan menjadi anggota DPRD maka ia punya kekuatan besar untuk memperjuangkan hak dan aspirasi masyarakat. “Melalui jalur politik ini saya bisa membantu apa yang menjadi aspirasi rakyat, baik finansial maupun dari sisi kebijakan. Dengan kepercayaan dan amanah yang diberikan menjadi Ketua DPRD maka kesempatan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat terbuka lebar. Makanya saya berkomitmen untuk lantang menyuarakan dan memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat,” tegasnya. Rafiudin menegaskan kebutuhan mendasar yang perlu diperjuangkan ketika memimpin DPRD Mubar tentu adalah kesejahteraan masyarakat.

Rafiudin berkomitmen mendukung seluruh program pemerintah daerah yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakan. “Saya akan kawal itu untuk kepentingan rakyat. Pengelolaan dan pemanfaatan anggaran harus berpihak penuh pada kepentingan masyarakat,” ungkap Bendahara DPC PDIP Mubar itu.

Rafiudin mengungkapkan menduduki posisi strategis dalam sebuah lembaga adalah citacita dan keinginan setiap orang. Ketika ia dipercaya menjadi Ketua DPRD Mubar oleh partainya, langsung diterima dengan bangga dan penuh tanggung jawab. “Kalau bicara kesiapan (untuk memimpin DPRD Mubar, red) tentu saya siap. Ini adalah amanah yang diberikan partai kepada saya dan apapun yang terjadi kita harus siap menjalankannya dengan baik,” katanya.

Perjalanan karier dan tekad kuat dari sosok La Ode Rafiudin dalam menggapai cita-cita patut menjadi inspirasi. Ia merupakan salah satu sosok pemuda tangguh yang memiliki komitmen dalam menggapai asa. Ia memiliki konsistensi yang besar meraih apa yang dicita-citakan. Perjalanan hingga pencapaian kariernya saat ini menjadikan La Ode Rafiudin sebagai salah satu representasi pemuda hebat masa kini.

“Kalau kita merefleksi ke belakang, kemerdekaan bangsa Indonesia karena ada keterlibatan pemuda. Untuk itu, pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini saya mengajak seluruh pemuda untuk berani bermimpi besar. Tempuhlah pendidikan dengan sebaik-baiknya dan bermimpilah setinggi mungkin. Pemuda harus kuat, berani, semangat dan penuh optimisme,” pungkas Rafiudin. (ahi/b)

  • Bagikan