Membangun Jejaring Antar pengusaha Muda

  • Bagikan
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.M.Sc (4 dari kanan) dan Penanggungjawab Kreativitas, Minat, Bakat dan Kewirausahaan Mahasiswa Belmawa Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Jobih (3 dari kanan) usai pembukaan KMI Expo XV tahun 2024 di Auditorium Mokodompit UHO, Rabu (23/10/2024). (HUMAS UHO)
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.M.Sc (4 dari kanan) dan Penanggungjawab Kreativitas, Minat, Bakat dan Kewirausahaan Mahasiswa Belmawa Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Jobih (3 dari kanan) usai pembukaan KMI Expo XV tahun 2024 di Auditorium Mokodompit UHO, Rabu (23/10/2024). (HUMAS UHO)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV (15) tahun 2024 mulai bergulir sejak dibuka Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M. Si.M.Sc, Rabu (23/10/2024).

KMI Expo adalah ajang pertemuan mahasiswa yang menekuni wirausaha dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dalam forum KMI Expo ini, mahasiswa dapat berbagai ide, inovasi dan pengalaman kewirausahaan. Rektor UHO, Prof. Zamrun mengatakan KMI Expo XV tahun 2024 ini diikuti oleh mahasiswa Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Ajang tahunan ini menjadi platform bagi wirausaha mahasiswa untuk bertemu dan memamerkan inovasi bisnis sekaligus memperkuat jaringan antar pengusaha muda. “KMI Expo ini dirancang khusus untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa P2MW untuk unjuk kemampuan dengan menampilkan produk-produk kreatif dan inovatif.

Ketika selesai kuliah, mereka tidak hanya berorientasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi bisa menggali bakat lain berbekal jiwa entrepreneurship,” ujar Rektor UHO, Prof. Zamrun. Rektor UHO 2 periode itu berharap melalui KMI Expo XV tahun 2024 ini dapat mempererat silaturahmi antarasesama mahasiswa Indonesia.

“Terima kasih atas kehadirannya di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), semoga KMI Expo XV ini berjalan dengan sukses, aman, bisa memberikan manfaat kepada kita semua, sehingga cita-cita kita untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2045 tercapai,” tuturnya.

Rektor Prof.Zamrun menjelaskan, Direktorat Jenderal Pembelajaran Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi memiliki 5 kegiatan besar mahasiswa tingkat nasional yakni KMI Expo, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas), Pekan Seni dan Kreativitas Mahasiswa Nasional (Peksiminas) dan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN).

“5 kegiatan besar ini khusus dilakukan untuk menggali bakat-bakat mahasiswa di seluruh Indonesia, yang tidak hanya unggul di ruang kuliah untuk mengerjakan soal dan sebagainya, tetapi melalui 5 program kementerian tersebut bisa menggali bakat mahasiswa. Sehingga itu akan berguna pada saat mereka nanti lulus dari bangku perguruan tinggi,” jelas Rektor Prof.Zamrun.

Di tempat yang sama, Penanggungjawab Kreativitas, Minat, Bakat, dan Kewirausahaan Mahasiswa Belmawa Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Jobih mengucapkan terimakasih kepada Rektor UHO karena telah memfasilitasi kegiatan KMI Expo XV, baik itu dari auditorium yang besar dan venue stan pameran yang luas sehingga dapat memenuhi syarat yang telah ditentukan. “Dengan fasilitas yang disediakan, sehingga anak-anak kita, dapat mengikuti KMI Expo XV dengan nyaman dan aman.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, kami sudah meminta pimpinan UHO melalui ketua panitia pelaksana agar menyiapkan paling sedikitnya 350 stan, mengingat jumlah peserta KMI Expo 2024 sekira 287 perguruan tinggi. Ada peningkatan jumlah peserta jika dibandingkan KMI Expo tahun 2023, yakni sekira 271 perguruan tinggi,” ujar Jobih. Sementara itu, Ketua Panitia KMI Expo XV 2024, Dr.Sarina mengungkapkan, KMI Expo merupakan ajang silaturahmi nasional.

Dalam event ini, mahasiswa saling berkompetisi mengenalkan produknya sekaligus membangun jejaring. “Sehingga kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting khususnya bagi adik-adik mahasiswa untuk menggali potensi kewirausahaan, berbagi ilmu, dan memperluas jaringan,” katanya.

Dr.Sarina menambahkan, KMI Expo ajang yang dinantikan setiap tahun karena disini menjadi satu wahana kreativitas, inovasi, serta semangat juang para wirausaha muda dari seluruh Indonesia. “Kami sangat bangga dan bahagia tentunya karena UHO diberi kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KMI Expo XV 2024 ini,” ujarnya.

Dalam KMI Expo tersebut, UHO menyiapkan 400 stan pameran untuk seluruh peserta dari perwakilan perguruan tinggi yang berjumlah 287. “Total produk yang dipamerkan sebanyak 627 jenis, dosen pendamping sekira 677 orang, peserta KMI 3 ribuan, serta 287 pimpinan perguruan tinggi,” pungkas Dr.Sarina. Untuk diketahui, KMI Expo XV 2024 di UHO mengusung tema Wirausaha Rakyat Merdeka: Membangun Kolaborasi, Mengukir Masa Depan Indonesia. (win/b)

  • Bagikan