Genderang KMI Expo Ditabuh

  • Bagikan
Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.M.Sc Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) (IST)
Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.M.Sc Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) (IST)

-- 3.000-an Mahasiswa dari 289 Universitas se-Indonesia Pamerkan Inovasi Wirausaha

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Setelah melalui persiapan matang sejak April 2024, Universitas Halu Oleo (UHO) siap menggelar event nasional, Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV tahun 2024. Untuk menjadi tuan rumah event prestisius dari Kemendikbudristek (kini Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi), bukan perkara mudah.

UHO harus bersaing dengan universitas lainnya seperti perguruan tinggi dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Lampung, Mataram, dan Malang. Hari ini, Rabu 23 Oktober, genderang KMI Expo XV tahun 2024 ditabuh dan akan berakhir pada Jumat 25 Oktober 2024.

Sekira 3.000-an mahasiswa, dosen pendamping, pimpinan perguruan tinggi dari 289 universitas seIndonesia akan memamerkan karya wirausaha dalam KMI Expo XV. Peserta KMI ini adalah kelompok mahasiswa yang mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melalui Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Pembukaan KMI Expo XV bakal digelar di Auditorium Mokodompit UHO, dan diikuti perwakilan perguruan tinggi dan para peserta KMI dari berbagai universitas.

Rencananya, pembukaan akan dilakukan oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M. Si.M.Sc dan perwakilan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi. Rektor UHO, Prof. Zamrun memastikan KMI Expo XV siap dilaksanakan UHO. Seluruh persiapan teknis sudah tuntas baik venue, infrastruktur, hingga fasilitas akomodasi bagi peserta.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan baik. Saya mohon doa masyarakat Sultra karena ini adalah event nasional atau salah satu kegiatan mahasiswa kewirausahaan seluruh Indonesia. Berdasarkan data kurang lebih ada 289 perguruan tinggi dan 3000-an peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut,” ujarnya, Selasa (22/10/2024).

Pada KMI Expo XV tahun ini, UHO sebagai tuan rumah menurunkan 5 tim untuk mengikuti ajang tersebut. “Kita sebagai tuan rumah, mudah-mudahan bisa meraih prestasi yakni sukses tuan rumah, dan sukses raih juara. Saya berharap dari 5 tim ini dapat menorehkan prestasi yang bagus bagi UHO,” harap Rektor Prof. Zamrun.

Rektor UHO 2 periode itu menambahkan, KMI Expo XV tahun 2024 merupakan ajang besar yang mempertemukan para mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia yang memiliki ideide kreatif dan inovatif di bidang kewirausahaan. Sekria 6 kategori wirausaha yang akan ditampilkan dalam KMI Expo, yakni makanan dan minuman, bisnis digital, jasa dan perdagangan, industri kreatif, budidaya dan manufaktur, serta teknilogi terapan.

Dari 6 kategori itu akan diverifikasi dalam 2 tahap, tahap awal dan tahap tumbuh. Kegiatan KMI Expo XV akan diisi dengan berbagai agenda penting seperti seminar kewirausahaan, seminar literasi keuangan, pameran, pasar malam, dan berbagai lomba. Selain itu, KMI Award, kirab budaya, pemilihan stan terbaik, dan pendamping wirausaha terbaik.

“Sementara kegiatan pendukung antara lain stand up comedy, poster usaha digital, lomba nyanyi, lomba mosolori (membuat makanan khas Tolaki berbahan dasar sagu, Sinonggi) dan marketing reel,” ucap Rektor Prof.Zamrun.

Menjadi tuan rumah KMI Expo tidak hanya memberikan kesempatan bagi UHO untuk unjuk inovasi dan kreativitas mahasiswanya di pentas nasional tetapi juga menjadi kontribusi UHO dalam mengenalkan potensi Provinsi Sultra, inovasi dan kreativitas anak bangsa yang ada di UHO. (win/b)

  • Bagikan