DEKRANASDA DIMINTA PROMOSIKAN PRODUK LOKAL

  • Bagikan
JADI PIONIR : Pj Bupati Konawe, Stanley (tengah) berpose bersama usai pengukuhan pengurus Dekranasda di daerah itu, kemarin. (ADI HIDAYAT/KENDARI POS)
JADI PIONIR : Pj Bupati Konawe, Stanley (tengah) berpose bersama usai pengukuhan pengurus Dekranasda di daerah itu, kemarin. (ADI HIDAYAT/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Stanley, telah mengukuhkan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Senin (21/10). Organisasi yang kini dipimpin usniyati Stanley itu dilakukan sesuai surat keputusan (SK) Dekranasda Sultra nomor: 18/Dekranasda.Prov/SK/ IX/2024.

Dalam kesempatan itu, Stanley menekankan beberapa hal kepada pengurus Dekranasda Konawe yang baru dikukuhkan tersebut. Ia meminta agar terus melestarikan budaya daerah, melakukan pembinaan kepada perajin, serta memfasilitasi pemasaran produk kearifan lokal hasil industri kerajinan maupun UMKM di Konawe.

“Saya berharap Dekranasda dapat menjadi wadah bagi pelaku usaha lokal, UMKM dan sejenisnya. Dekranasda harus melakukan pembinaan sehingga produk lokal Konawe bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional,” pinta Stanley.

Ia mengingatkan, Dekranasda juga harus mengambil peran sebagai pionir dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan memfasilitasi promosi produk UMKM sehingga muaranya dapat meningkatkan income perkapita masyarakat Konawe.

“Pengurus Dekranasda harus bisa memonitor sumber daya yang ada. Kemudian, menjadi wadah untuk memfasilitasi UMKM yang ada disetiap kecamatan untuk dipasarkan melalui Dekranasda,” harap Kepala Kanwil BPN Maluku Utara itu.

Stanley menambahkan, untuk lebih memaksimalkan peran, pengurus Dekranasda Konawe harus intens berkoordinasi dengan dua instansi. Yakni, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Koperasi dan UMKM. Ia meyakini, koordinasi yang baik antara Dekranasda dan dua instansi itu, dapat menstimulasi kemajuan pengrajin dan pelaku UMKM Konawe.

“Dengan demikian ketika ini bergerak, past akan menghasilkan output yang mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Mampu meningkatkan income pernah kapita pelaku UMKM, maupun industri lokal masyarakat,” imbuhnya. (c/adi)

  • Bagikan