BRIDA Konsel Sukses Gelar Lomba Inovasi Daerah 2024

  • Bagikan

--Bupati Surunuddin Serahkan Hadiah Kepada Para Pemenang

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - PEMERINTAH Kabupaten Konawe Selatan melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) terus meningkatkan capaian indeks inovasi daerah. Organisasi perangkat daerah di bawah kendali Hj Marwiyah Tombili itu telah melakukan berbagai terobosan.

Salah satunya program yang sukses digelar yaitu Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Konawe Selatan tahun 2024. Melalui lomba tersebut Brida Konsel menjaring ide ide segar dan juga inovasi yang ada di perangkat daerah serta masyarakat umum.

Lomba ini sudah tiga tahun digelar secara konsisten. Seluruh tahapan lomba telah dilakukan, hingga pada Senin 21 Oktober 2014, telah diumumkan para pemenang, baik dari kategori perangkat daerah dan masyarakat umum.

Para pemenang lomba Inovasi itu, diberikan penghargaan berupa piagam, piala, dan uang pembinaan. Penyerahannya dilakukan langsung Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga didampingi Asisten 1 Pemkab Konsel H Amran Aras, dan Kepala Brida Konsel, Hj Marwiyah Tombili.

Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Lomba Inovasi Daerah. Beliau menekankan pentingnya inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi di tingkat OPD.

"Saya berharap ASN di OPD semakin meningkatkan kinerja organisasi melalui kegiatankegiatan inovatif. Tentunya ada penilaian lebih, salah satunya mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah melalui Lomba Inovasi Daerah yang kita selenggarakan setiap tahun," ujar Surunuddin.

Selain itu, Bupati Surunuddin juga mengimbau agar hadiah bagi pemenang lomba makin ditingkatkan untuk mendorong motivasi para inovator. "Hadiah bagi pemenang lomba harus ditingkatkan jumlahnya agar semakin menambah semangat OPD dan kategori umum untuk ikut serta dalam lomba ini," tambahnya.

Sementara itu Kepala Brida Konsel, Hj Marwiyah Tombili mengatakan lomba inovasi daerah ini guna memacu dan memotivasi Perangkat Daerah dan masyarakat di Konsel, meningkatkan kreativitas dan inovasi sesuai dengan karakteristik masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah. “Tahun 2024 ini sudah kali ketiga, Brida Konsel mengadakan Lomba Inovasi Daerah.

Dengan dua kategori yaitu kategori organisasi perangkat daerah dan umum atau masyarakat,” ungkap Marwiyah.

Lomba ini memenuhi ketentuan Peraturan Bupati nomor 45 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Ope Agency One Innovation). "Pada tahun ini, kategori perangkat daerah diikuti oleh 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pada kategori umum diikuti oleh 5 peserta," ujarnya.

Tim penilai dalam lomba inovasi daerah kabupaten Konawe Selatan tahun 2024 ini diantaranya Asisten 1 Pemkab Konsel H Amran Aras, lalu dari Brida Provinsi Sulawesi Tenggara, juga dari Badan Standardisasi Instrumen Pertanian, satu dari Tim Pengendali Mutu (TPM), dan pihak akademisi dari Universitas Haluoleo. (ndi/adv)

  • Bagikan