Ruksamin-Sjafei Komitmen Memajukan IPM Sultra

  • Bagikan
Ruksamin-Sjafei saat tampil dalam debat Pilgub, Sabtu (19/10) malam. (IST)
Ruksamin-Sjafei saat tampil dalam debat Pilgub, Sabtu (19/10) malam. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Ruksamin-Sjafei tampil gemilang di debat pertama calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara yang digelar di Villa Nirwana Kota BauBau, Minggu (20/10/2024). Pada pemaparan awal, calon Gubernur Sultra Ruksamin mengusung visi bernegara Indonesia adalah merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur, yang diwujudkan melalui misi abadi negara Indonesia.

“Ada tiga poin misi abadi Indonesia yakni melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan Indonesia Emas 2045 adalah cita-cita bangsa,” kata Ruksamin.

Pemilukada serentak 2024 ini, kata dia, dalam rangka harus selaras, menjabarkan visi, misi, dan arah kebijakan pembangunan nasional. Pasangan berakronil “Harus Selaras” itu menawarkan visi Sultra pusat energi dunia yang maju, madani, dan berkeadilan.

Dengan tema pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik secara inklusif, Ruksamin paham betul tema tersebut. Di sektor pendidikan, Ruksamin menilai daya saing Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sultra masih berada pada angka 79,94 poin. Masih berada jauh di bawa rata-rata nasional yakni 74,39 poin atau berada diurutan ke 22 nasional.

“Atas kondisi itu, kami akan tingkatkan kualitas pembelajaran, lingkungan pembelajaran, kompetensi tenaga pengajar, serta pada aspek pembiayaan. Dengan program beasiswa gratis untuk Seluruh mahasiswa Sesultra,”kata Ruksamin.

Tak hanya itu, RuksaminSjafei Kahar komitmen akan memberikan 1 laptop untuk semua guru, peningkatan relevansi pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia kerja. “SDM kita jangan hanya dibekali pemikiran atau ilmu yang berkualitas, namun harus ada peningkatan vokasi yang kreatif yang berhubungan dengan kebutuhan dunia kerja.

Sehingga usai mengenyam pendidikan, SDM kita siap maksimal membangun atau berkontribusi bagi daerah,” ujarnya. (ali/b)

  • Bagikan