Alumni STIKES Pelita Ibu Didorong Berperan Aktif

  • Bagikan
Ketua STIKES Pelita Ibu Kendari, Dra. Hj. Rosmawati Ibrahim, SST., MS., M.Kes (kanan), saat memindahkan tali toga salah satu wisudawati. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Ketua STIKES Pelita Ibu Kendari, Dra. Hj. Rosmawati Ibrahim, SST., MS., M.Kes (kanan), saat memindahkan tali toga salah satu wisudawati. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

-- Dalam Peningkatan Mutu Kesehatan Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Sebanyak 227 alumni resmi diwisuda oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Pelita Ibu Kendari pada acara wisuda ke-6, Sabtu (19/10). Dalam sambutannya, Ketua STIKES Pelita Ibu Kendari, Dra. Hj. Rosmawati Ibrahim, S.ST., MS., M.Kes., menekankan pentingnya para alumni untuk terus belajar dan berkembang, karena masih banyak tahapan yang harus dihadapi di masa depan.

“Wisuda ini hanyalah awal dari perjalanan. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun, yakinlah, dengan semangat belajar dan keyakinan diri, semua itu bisa dilewati,” terang Rosmawati.

Ia juga menekankan bahwa peran alumni sangat penting dalam memajukan derajat kesehatan masyarakat, baik di Sulawesi Tenggara maupun di Indonesia secara umum.

Dalam wisuda kali ini, STIKES Pelita Ibu meluluskan 227 orang, yang terdiri dari 17 lulusan Program DIII Kebidanan, 116 lulusan S1 Kebidanan, 71 lulusan Pendidikan Profesi Bidan, 13 lulusan S1 Farmasi, dan 10 lulusan S1 Administrasi Rumah Sakit. "Dengan wisuda kali ini, total lulusan kami hingga tahun akademik 2023/2024 telah mencapai 2.532 orang," jelas Rosmawati.

Ia juga menjelaskan visi STIKES Pelita Ibu untuk menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing, baik di tingkat lokal pada tahun 2030, regional pada 2035, hingga nasional pada tahun 2050. Untuk mencapai visi tersebut, STIKES Pelita Ibu memiliki tiga misi utama: (1) menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkualitas dan sesuai kebutuhan pemangku kepentingan, (2) menjalankan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada roadmap penelitian, serta (3) mengembangkan jaringan kerja sama lokal, regional, dan nasional.

Saat ini, STIKES Pelita Ibu memiliki lima program studi yang telah terakreditasi, yakni DIII Kebidanan, S1 Administrasi Rumah Sakit, S1 Farmasi, S1 Kebidanan, dan Pendidikan Profesi Bidan. STIKES Pelita Ibu juga sedang dalam proses alih bentuk menjadi universitas. "Kami sedang mempersiapkan pembukaan dua program studi baru, yaitu S1 Hukum Bisnis dan S1 Manajemen Ritel, sebagai bagian dari upaya pengembangan lembaga kami," tambahnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Dr. Andi Lukman, M.Si., memberikan apresiasi atas upaya dan pencapaian STIKES Pelita Ibu Kendari. “STIKES Pelita Ibu telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dan menjadi salah satu perguruan tinggi kesehatan terbaik di wilayah IX Sultanbatara. Semoga proses perubahan status menjadi universitas dapat segera terwujud,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version