Tingkatkan Kapasitas Petugas Puskesos

  • Bagikan
PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL : Sekot Kendari Ridwansyah Taridala saat membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Puskesos kemarin. (LAODE IDRIS SYAHPUTRA/KENDARI POS)
PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL : Sekot Kendari Ridwansyah Taridala saat membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Puskesos kemarin. (LAODE IDRIS SYAHPUTRA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk meningkatkan kapasitas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di salah satu hotel di Kota Lulo kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan pemerintah terus berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Makanya, alokasi untuk bidang kesejahteraan sosial menjadi salah satu prioritas. Hal ini sejalan dengan visi pembangunan daerah yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup warga, pengentasan kemiskinan serta penanganan berbagai permasalahan sosial.

“Dalam APBD tahun 2024, Pemkot Kendari telah mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk berbagai program kesejahteraan sosial, termasuk bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, penanganan masalah kemiskinan, serta penguatan kapasitas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) melalui Bimtek,” ungkap Ridwansyah Taridala.

Penganggaran ini mencakup berbagai bentuk bantuan langsung, peningkatan akses terhadap layanan kesehatan dan pendidikan, serta dukungan terhadap kelompok-kelompok rentan seperti lansia, disabilitas, dan anakanak terlantar.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari ini menambahkan, tujuan utama hadirnya Puskesos adalah untuk meningkatkan pemahaman, kapasitas dan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) yang terlibat. Sekaligus memperkuat pilar sosial di tengah masyarakat.

Puskesos kata dia, memiliki peran sentral dalam membantu pemerintah menangani berbagai permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat. “Dengan peran Puskesos yang semakin kuat, kita berharap kesejahteraan sosial di Kota Kendari dapat meningkat,” kata Ridwansyah.

“Puskesos bukan hanya sekadar lembaga pelayanan, tetapi juga menjadi mitra masyarakat dalam menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik dan sejahtera,” pungkasnya. (c/m4/ ags)

  • Bagikan