Road to School SMKN 2 Kendari : Mencerdaskan Tunas-tunas Bangsa

  • Bagikan
Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (kiri), General Manager Consumer Business Region Sulawesi PT Telkomsel, Kuntum Wahyudi (5 dari kiri), Manager Household Operation Regional Sulawesi, Karlina Rivai (2 dari kiri) dan Kepala SMKN 2 Kendari, Ahmad Mustapa (5 dari kanan) menunjukkan gestur Salam Literasi dalam acara road to school di SMKN 2 Kendari, Kamis (17/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (kiri), General Manager Consumer Business Region Sulawesi PT Telkomsel, Kuntum Wahyudi (5 dari kiri), Manager Household Operation Regional Sulawesi, Karlina Rivai (2 dari kiri) dan Kepala SMKN 2 Kendari, Ahmad Mustapa (5 dari kanan) menunjukkan gestur Salam Literasi dalam acara road to school di SMKN 2 Kendari, Kamis (17/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Koran Harian Kendari Pos dan Telkomsel Kendari berkolaborasi dalam program road to school. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi para pelajar di Sulawesi Tenggara (Sultra) demi mencerdaskan tunas-tunas bangsa. Kali ini, tim road to school mengunjungi SMKN 2 Kendari, dan disambut dengan antusias oleh ratusan siswa. Pemimpin Redaksi (Pempred) Kendari Pos, Inong Saputra mengatakan Kendari Pos adalah salah satu media cetak pertama dan terbesar di Sultra. Secara nasional Kendari Pos berada dalam Jawa Pos Group dan secara regional Kendari Pos berada di bawah Fajar Group.

"Sebagai media terbesar, Kendari Pos mengambil peran salah satu fungsi media yakni mengedukasi masyarakat. Melalui kegiatan road to school, Kendari Pos mengambil peran dalam meningkatkan literasi, yang merupakan salah satu pilar penting dalam kemajuan pendidikan,” ujar Pemred Inong Saputra di hadapan ratusan siswa-siswi SMKN 2 Kendari, Kamis (17/10/2024).

Ia juga menjelaskan Kendari Pos memiliki rubrik edukasi, yang menjadi wadah bagi sekolah-sekolah untuk menyampaikan informasi kegiatan. “Rubrik ini penting karena koran kami tersebar di 17 kabupaten/kota di Sultra. Selain itu, kami juga memiliki media online yang dapat diakses masyarakat secara luas. Hal ini adalah bagian dari upaya kami mendukung kemajuan pendidikan di Sultra,” ungkapnya.

Pemred Inong Saputra menuturkan, di era digital saat ini, siswa harus mampu memilah mana berita yang benar dan mana yang tidak.

“Media sosial adalah platform terbuka di mana siapa saja bisa membuat dan menyebarkan informasi. Di media sosial, siapa saja bisa membuat tulisan. Tapi ada juga berita di media sosial itu yang kebenarannya masih diragukan. Berbeda halnya dengan media massa, yang selalu mengutamakan validitas informasi dengan narasumber yang kredibel,” jelas Pemred Inong Saputra.

Ia juga menyebut, siswa-siswi dapat mendapatkan ilmu tambahan dengan membaca berita di media massa sehingga dapat meningkatkan literasi.

Telkomsel Dukung Pendidikan Melalui Teknologi

General Manager (GM) Consumer Business Region Sulawesi PT Telkomsel, Kuntum Wahyudi, menegaskan Telkomsel hadir untuk memberikan layanan konektivitas, solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang. “Telkomsel berperan dalam meningkatkan literasi dan memajukan pendidikan guna mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045. Melalui kolaborasi ini, kami berharap literasi di Sultra terus berkembang,” ungkapnya.

Kuntum Wahyudi juga menyampaikan 3 hal yang harus dipegang teguh oleh siswa, yaitu menjadi proaktif, fokus pada tujuan akhir, dan mengutamakan hal yang penting. “Jika ini dilakukan, saya yakin siswa-siswi SMKN 2 Kendari dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Selain itu, Kuntum mengajak para siswa memanfaatkan teknologi Telkomsel untuk mencari informasi secara cepat dan efektif. “Dengan kemajuan teknologi, mari kita manfaatkan peluang ini untuk memudahkan pencarian informasi,” tambahnya.

Harapan Sekolah

Kepala SMKN 2 Kendari, Ahmad Mustapa, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dan program edukasi ini. “Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, banyak nilai-nilai yang bergeser. Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa dapat mengadopsi pola pikir, sikap, dan tindakan yang positif,” katanya.

Ahmad berharap kegiatan ini menjadi bekal bagi siswa dalam menghadapi tantangan masa depan. “Saya berharap siswa dapat menyimak materi dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupan seharihari,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version