Ringankan Beban Masyarakat, Sediakan Pangan Murah

  • Bagikan
BANTU MASYARAKAT : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, bersama Kadis Ketapang, Setia Ningsih Mangidi saat membuka GPM untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di daerah itu. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)
BANTU MASYARAKAT : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, bersama Kadis Ketapang, Setia Ningsih Mangidi saat membuka GPM untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di daerah itu. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) di bawah kepemimpinan Bupati, H. Surunuddin Dangga, terus melakukan stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Baru - baru ini digelar gerakan pangan murah (GPM) di Desa Horodopi, Kecamatan Benua. Kegiatan tersebut sekaligus memeringati hari pangan sedunia (HPS) ke-44 yang dilaksanakan serentak secara nasional di Indonesia. Tema yang diusung adalah “Right to Foods, For a better Life and a Better Future” (Hak Atas Pangan untuk Kehidupan dan Masa Depan yang Lebih Baik).

Surunuddin Dangga mengungkapkan, program itu sangat penting untuk membantu masyarakat, terutama dalam menghadapi kenaikan harga pangan. Pihaknya berupaya memastikan warganya tetap mendapatkan akses pangan dengan harga lebih terjangkau.

“GPM ini adalah bagian dari upaya SPHP yang bertujuan meringankan beban masyarakat dengan menyediakan bahan pangan pokok di bawah harga pasar,” ujar Surunuddin dalam pembukaan GPM tersebut, kemarin.

Sejumlah komoditas pangan yang kerap menjadi penyumbang inflasi, seperti beras, gula, minyak goreng, daging sapi/kerbau dan telur, dijual dengan harga terjangkau. Termasuk cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, telur ayam ras dan bahan pangan lainnya. Komoditas-komoditas tersebut disuplai oleh Perum Bulog, ID Food, BUMD pangan, distributor, serta kelompok petani dan peternak setempat.

“Kita berharap agar kegiatan seperti ini dapat ditiru oleh OPD terkait lainnya melalui APBD. Karena dengan menerapkan di bawah harga pasar, dapat meringankan beban masyarakat memeroleh bahan pangan untuk kebutuhan keluarganya,” pungkas Surunuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Konsel, Setia Ningsih Mangidi, mengungkapkan, gerakan tersebut rutin dilaksanakan pihaknya. Ini sebagai wujud komitmen dan perhatian pemerintah dalam membantu serta meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan pokok penting dengan harga murah dan berkualitas.

“Kami menyadari kondisi perekonomian kita saat ini sedang mengalami tantangan, utamanya dampak dari inflasi yang sangat memengaruhi tingginya harga bahan pangan pokok,” ungkapnya.

Makanya Pemkab Konsel menindaklanjuti program nasional yang dilaksanakan Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui GPM.

“Tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar namun tetap berkualitas,” ujarnya. (b/ndi)

  • Bagikan

Exit mobile version