Peringati Hari Pangan, Bantu Warga Melalui GPM

  • Bagikan
HARI PANGAN: Asisten II Kolaka Setkab Kolaka, H. Abbas saat memantau kegiatan gelar pangan murah di kantor Camat Wundulako, kemarin. (ZULFADLY NUR/ KENDARI POS)
HARI PANGAN: Asisten II Kolaka Setkab Kolaka, H. Abbas saat memantau kegiatan gelar pangan murah di kantor Camat Wundulako, kemarin. (ZULFADLY NUR/ KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka mengadakan gelar pangan murah (GPM) di kantor Camat Wundulako. Ratusan warga yang didominasi kaum wanita sangat antusias menyambut kegiatan tersebut. Pasalnya, sejumlah bahan pokok dijual dengan harga lebih murah dibanding yang ada di pasaran pada umumnya. Beras premium 10 kilogram hanya dijual Rp 120 ribu, beras medium ukuran 5 kilogram Rp 55 ribu, telur 1 rak seharga Rp 47 ribu, gula pasir 1 kilogram dibanderol Rp 16 ribu, minyak goreng Rp 14 ribu per liter, serta bawang putih dan bawang merah masing-masing seharga Rp 10 ribu dan Rp 7 ribu per 1/4 kilogramnya.

Asisten II Setkab Kolaka, H. Abbas, yang membuka secara resmi mengatakan, kegiatan tersebut diadakan dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke XXXIV tahun 2024. Kata dia, kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Wundulako. Abbas menjelaskan, HPS adalah peringatan global yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pangan, mempromosikan upaya untuk mencapai keamanan kebutuhan pokok, serta mengambil tindakan dalam melawan kelaparan dan kekurangan gizi di seluruh dunia.

“Jadi, berbicara tentang HPS atau World Food Day menjadi pengingat akan pentingnya ketahanan pangan dan komitmen global untuk mengakhiri kelaparan, serta mendorong kita berpartisipasi aktif dalam membangun sistem yang tangguh, ramah lingkungan dan berfokus pada kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat,” jelas Abbas.

Mantan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kolaka tersebut mengatakan, mewujudkan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri, sesuai dengan kapasitas dan peran masing-masing.

“Kegiatan ini juga digelar dalam rangka membantu masyarakat agar bisa membeli pangan dengan harga murah, utamanya bagi masyarakat tidak mampu. Ini membuktikan bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat sebagai bentuk kepedulian,” tutur Abbas. (c/fad)

  • Bagikan