Menuju Perguruan Tinggi Moderat dan Modern

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (3 dari kanan) menghadiri wisuda ke XIII program sarjana dan magister IAIN Kendari, Kamis (17/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (3 dari kanan) menghadiri wisuda ke XIII program sarjana dan magister IAIN Kendari, Kamis (17/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

-- IAIN Kendari Mewisuda 1.001 Mahasiswa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari satu-satunya perguruan tinggi agama Islam negeri di Sulawesi Tenggara (Sultra). IAIN Kendari dalam kendali Rektor Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag terus berbenah menuju perguruan tinggi moderat, maju dan modern. Hal itu ditabalkan sang rektor dalam acara wisuda ke XIII program sarjana dan magister yang dihadiri Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin, Kamis (17/10/2024).

Rektor Prof. Husain Insawan mengatakan misi menuju perguruan tinggi moderat, maju dan modern didukung dengan program Catur Asi yakni moderasi, digitalisasi, internasionalisasi dan transformasi. 4 program itu menjadi prioritas utama tahun 2023-2027.

“Pada tahun 2024 ini program catur asi dikombinasikan dengan perjanjian kinerja rektor dengan capaian dapat bergerak lebih cepat (Faster), berkembang lebih baik (Better), dan tumbuh Lebih Kuat (Stronger),” ujar Rektor Prof. Husain Insawan.

IAIN Kendari menggelar wisuda ke XIII program sarjana dan magister yang diikuti oleh 1.001 wisudawan. Rinciannya, 934 program sarjana dan 67 magister. Wisuda digelar di Ballroom Multimedia IAIN Kendari, yang dilaksanakan 16-17 Oktober 2024.

Program sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menjadi penyumbang wisudawan terbanyak dengan 546 wisudawan, Fakultas Syariah 96 wisudawan, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah 76 orang dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 216 wisudawan.

Rektor Prof. Husain Insawan berpesan kepada para wisudawan untuk menjaga nama baik almamater dengan menunjukkan kualitas dan integritas serta menjadi insan yang mampu membawa solusi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Rektor Prof. Husain Insawan, di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

“Silakan berkarya dan berikan dampak positif dalam setiap kehidupan. Jadilah insan bermartabat dan berilmu, teruslah berinovasi, berkompetisi dan menyesuaikan diri dari berbagai tantangan baru,” kata Rektor Prof. Husain Insawan.

Untuk diketahui, wisudawan terbaik tingkat institut pada program sarjana diraih oleh Andriani Tenri program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, masa studi 3 tahun 6 bulan dengan IPK 3,95.

Sementara itu, wisudawan terbaik program magister diraih oleh Miranti Junia Dawanti Putri program studi Manajemen Pendidikan Islam, masa studi 1 tahun 9 bulan dengan IPK 3,98.

Wisudawan terbaik tingkat fakultas diraih oleh Muh. Susen Latujajuli Prodi Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan IPK 3,94. Lalu wisudawan terbaik Nafar Saputra Prodi Ahwalul Syakhsiyah Fakultas Syariah dengan IPK 3,95.

Terbaik Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah diraih oleh Akmal Alna Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dengan IPK 3,94, dan terbaik dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam diraih oleh Putri Febriani prodi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,92. (ali)

  • Bagikan