HADIR Janji Bangun BLK

  • Bagikan
KOMPETENSI PEKERJA : Cabup-Cawabup Konawe nomor urut 3, Harmin Ramba dan Dessi Indah Rachmat ketika menggelar kampanya dan berjanji mendirikan BLK di daerah itu. (ADI HIDAYAT/KENDARI POS)
KOMPETENSI PEKERJA : Cabup-Cawabup Konawe nomor urut 3, Harmin Ramba dan Dessi Indah Rachmat ketika menggelar kampanya dan berjanji mendirikan BLK di daerah itu. (ADI HIDAYAT/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pasangan Cabup-Cawabup Konawe Konawe nomor urut 3, Harmin Ramba dan Dessi Indah Rachmat, berjanji mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) jika menjadi kampiun Pilkada, 27 November 2024. Cabup Harmin Ramba mengatakan, pembangunan BLK diperlukan untuk meningkatkan sebaran pelatihan kerja. Termasuk, mendekatkan akses pelatihan kerja kepada masyarakat Konawe.

“Insyaallah kalau terpilih jadi bupati, kita akan bangun BLK. Apalagi di Konawe ini ada beberapa proyek strategis nasional (PSN), saya kira itu tentunya membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit,” ujar mantan Pj Bupati Konawe itu, Rabu (16/10).

Harmin mengatakan, jika BLK di Konawe didirikan, tentu masyarakat dapat memiliki keterampilan yang mampu terserap oleh dunia usaha dan industri. Ia menyebut, Paslon berakronim HADIR akan komitmen membangun BLK di sekitar wilayah lingkar tambang PT VDNI dan PT OSS, jika terpilih sebagai bupati dan Wabup Konawe periode 2024-2029.

“Kita akan bangun di Kecamatan Bondoala. Saya akan tempatkan pembangunan kantor BLK Konawe di situ. Jadi sebelum masuk kerja di industri, para calon tenaga kerja di pertambangan tersebut sudah memiliki kemampuan atau skill yang siap kerja,” gagasnya.

Senada dengan itu, Cawabup, Dessi Indah Rachmat, menegaskan pentingnya fasilitas pelatihan kerja dalam rangka menciptakan tenaga kerja yang terampil dan memiliki sertifikasi. Sehingga mampu bersaing di pasar kerja, baik lokal maupun tingkat nasional.

“Kami tidak ingin hanya memberikan pelatihan tanpa arah. Kami pastikan ke depan peserta BLK akan mendapatkan sertifikasi resmi. Sehingga, keahlian mereka diakui dan bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang layak. Baik di Konawe maupun di luar daerah,” tandasnya. (b/adi)

  • Bagikan