Menuju Pilkada Aman dan Lancar

  • Bagikan
Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin (6 dari kanan), Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (5 dari kiri), Ketua KPU Sultra, Asril (4 dari kanan) bersama komisioner KPU dan Bawaslu Sultra dalam rapat konsolidasi daerah di pelataran eks MTQ Kendari, Minggu (13/10/2024). (IST)
Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin (6 dari kanan), Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (5 dari kiri), Ketua KPU Sultra, Asril (4 dari kanan) bersama komisioner KPU dan Bawaslu Sultra dalam rapat konsolidasi daerah di pelataran eks MTQ Kendari, Minggu (13/10/2024). (IST)

-- KPU Sultra Gelar Rapat Konsolidasi Daerah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 tersisa 1 bulan 13 hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra terus mematangkan penyelenggaraan Pilkada agar berjalan aman dan lancar. Salah satunya, KPU menggelar Rapat Konsolidasi Daerah (Rakonsolda) kesiapan menghadapi Pilkada serentak di Pelataran Eks MTQ Kota Kendari, Minggu (13/10/2024). Seluruh KPU kabupaten/kota hadir dalam rakonsolda tersebut.

Ketua Panitia Rakonsolda yang juga Sekertaris KPU Sultra, Syafruddin mengatakan, Rakonsolda ini dilaksanakan dalam rangka memastikan kesiapan penyelenggara dalam menghadapi Pilkada 2024 di Sultra.

“Melalui konsolidasi ini, kami semua seluruh komponen penyelenggara Pilkada sudah sangat siap menyukseskan seluruh tahapan, baik pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati dan pemilihan wali kota, wakil kali kota pada 27 November 2024,” ungkap Syafruddin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Sultra, Asril mengatakan, Rakonsolda ini sesungguhnya sudah lama akan dilaksanakan namun baru dapat dilaksanakan saat ini.

“Tahapan Pemilukada serentak ini tersisa 44 hari lagi. Tentu irama dan tensi kerja untuk menuntaskan seluruh tahapan semakin besar,” ungkap Asril, Minggu (13/10/2024).

Sementara itu, Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin mengatakan KPU provinsi, kabupaten/kota agar serius dalam melaksanakan seluruh tahapan Pilkada. “KPU dituntut menyelesaikan pekerjaan berat ini. Jangan pernah sesali karena bapak ibu sendiri yang mendaftar dan mau jadi anggota KPU. Konsolidasi ini bagian pengingat kita semua termasuk PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan),” ujarnya.

Afifuddin berharap komunikasi dan konsolidasi dikedepankan. Apabila ada aturan baru dapat dikonsolidasikan kepada semua pihak media sosial dan pesan WhatsApp. Ia juga berpesan agar penyelenggara bekerja keras dan menjaga netralitas dalam Pilkada serentak ini.

“Sampaikan melalui media massa apa yang kita kerjakan. Kelola Pilkada dengan nuansa kegembiraan. Kita harus gembirakan Pilkada kita ini. Kita dorong semua orang agar senang datang memilih di TPS pada 27 November 2024,” pesan Afifudin.

Ia menambahkan, melalui rakonsolda ini bisa dipastikan penyelenggaraan Pilkada di Sultra berjalan dengan baik dan lancar.

“Kalau pilkadanya berjalan aman lancar maka kita akan punya kepala daerah definitif di Sultra. Semoga Pilkada Sultra berjalan aman dan lancar,” kata Afifuddin.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menapresiasi seluruh KPU di Sultra, terkhusus anggota, sekretaris dan semua petugasnya karena telah berhasil menyelesaikan sebanyak 18 tahapan Pilkada.

“Sebagai penyelenggara Pilkada, KPU harus mampu menyosialisasikan agar masyarakat mau hadir ke TPS yang telah ditetapkan. Mari satukan hati dan pikiran. Kita teguhkan komitmen bersama untuk menyukseskan Pilkada,” kata Pj Gubernur Andap.

Ia menekankan konsolidasi ini jangan hanya dijadikan sebagai formalitas, akan tetapi menjadi momentum bersama untuk menyukseskan pesta demokrasi ini.

Pj Gubernur Andap menambahkan, Pilkada serentak tahun 2024 diharapkan mencapai target nasional. Ia mengajak kepada semua pihak khususnya para penyelenggara untuk menunjukkan kepada dunia bahwa KPU bisa melahirkan pemimpin melalui proses demokrasi yang baik dan bersih.

“Saya titip jangan sampai Pilkada ini terciderai. Satukan hati dan komitmen kita untuk netral. Biarlah yang terbaik yang terpilih. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan kita semua dalam melaksanakan Pilkada dan pelaksanaannya bisa berlangsung jujur, adil dan kondusif,” pungkas Pj Gubernur Andap. (ags/b)

  • Bagikan