Sekda : Pariwisata Sultra Dapat Menjadi Destinasi Unggulan Nasional

  • Bagikan
Sekda Sultra, Asrun Lio (kiri) mewakili Pj Gubernur Sultra menyambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) di Bandara Halu Oleo, Jumat (11/10/2024). (BIRO ADPIM PEMPROV SULTRA)
Sekda Sultra, Asrun Lio (kiri) mewakili Pj Gubernur Sultra menyambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) di Bandara Halu Oleo, Jumat (11/10/2024). (BIRO ADPIM PEMPROV SULTRA)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno kunjungan kerja di Sultra. Menteri Sandiaga bertandang di Sultra untuk meninjau Desa Wisata Pulau Labengki di Kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Kunjungan itu merupakan tahapan akhir penjurian ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

“Di Pulau Labengki, Pak Menteri akan mengunjungi sejumlah spot wisata, termasuk Goa Kolam Renang, yang menjadi daya tarik utama. Kunjungan ini sangat penting karena mengusung tema Pariwisata Hijau Berkelas Dunia,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio usai menyambut Menteri Sandiaga Uno di Bandara Halu Oleo, Jumat (11/10/2024).

Sekda Asrun berharap kunjungan Menteri Sandiaga ini dapat meningkatkan popularitas pariwisata Sultra di tingkat nasional maupun internasional. Ia juga menekankan pentingnya kesiapan destinasi wisata yang dikelola pemerintah daerah, dukungan penuh dari masyarakat setempat serta pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Melalui proses penilaian ini, kita dapat memetakan apa saja yang perlu ditingkatkan untuk menjaga kelangsungan dan keunggulan pariwisata Sultra. Ini mencakup pengembangan daya tarik wisata, kesiapan sumber daya manusia, adaptasi teknologi, promosi makanan lokal, hingga kerajinan tradisional,” jelas Sekda Asrun Lio.

Mantan Kepala Dinas Dikbud Sultra itu mengajak seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, masyarakat, hingga pelaku industri pariwisata, untuk bekerja sama memberikan yang terbaik. “Dengan begitu, pariwisata Sultra diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi destinasi unggulan di kancah nasional maupun global,” tutur Sekda Asrun Lio.

Kehadiran Menparekraf di Sultra menjadi angin segar bagi pengembangan pariwisata daerah, sekaligus membuka peluang bagi wisata Sultra untuk lebih dikenal dan bersaing di panggung dunia.

“Sesuai pesan pak Pj Gubernur, saya mengajak Pemda, masyarakat, termasuk yang berada di sekitar kawasan wisata, dan berbagai pihak terkait lainnya, untuk bersama-sama memberikan tampilan terbaik, serta menyerap berbagai informasi penting agar potensi pariwisata yang ada di Sultra bisa terus bertahan, tumbuh, dan berkembang menjadi salah satu pilihan wisata skala nasional dan dunia,” pungkas Sekda Asrun Lio. (rah/b)

  • Bagikan