Sandiaga Uno Menteri Pertama Kunjungi Labengki

  • Bagikan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin (2 dari kiri) saat berkunjung di Pulai Labengki didampingi Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin (2 dari kanan), Jumat (11/10/2024). (Sandiaga Uno Menteri Pertama Kunjungi Labengki)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin (2 dari kiri) saat berkunjung di Pulai Labengki didampingi Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin (2 dari kanan), Jumat (11/10/2024). (Sandiaga Uno Menteri Pertama Kunjungi Labengki)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menjejak Sulawesi Tenggara (Sultra). Menteri Sandiaga disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio di Bandara Halu Oleo, Jumat (11/10/2024). Menteri Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Pulau Labengki di Kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara (Konut). Sandiaga Uno merupakan menteri pertama yang mengunjungi Pulau Labengki.

Kunjungan Menteri Sandiaga Uno berkaitan tahap akhir penjurian ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024. Gugusan karts dan keindahan Pulau Labengki di Kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara (Konut) masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Desa Wisata Pulau Labengki sebelumnya berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia pada ajang ADWI 2024 dari total 6.016 desa wisata yang terdaftar melalui platform resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). “Desa Wisata Pulau Labengki akan semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Sultra,” ujar Menteri Sandiaga Uno didampingi Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Konut, La Ode Saifuddin, Sekda Kabupaten Konut, Safruddin dan Kepala Dinas Pariwisata Konut, Riyas Aritman di Pulau Labengki, Jumat (11/10/2024).

Di sela-sela visitasinya, Menteri Sandiaga Uno tak kuasa mengungkapkan rasa takjubnya terhadap keindahan dan keunikan yang dimiliki Desa Wisata Pulau Labengki. Rasa itu pun diungkanpkan dengan kalimat apresiasi atas keindahan panorama alam dan budaya yang dimiliki Pulau Labengki.

“Setiap daerah memiliki keunikan yang berbeda, pengalaman ini berbeda-beda tapi kalau saya menilai bagaimana situasi yang ada disini, saya bilang good, mantap,” ungkap Menteri Sandiaga Uno.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan ADWI merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf. Tujuannya, mempromosikan desa wisata di Indonesia yang memiliki keunikan alam, budaya dan atraksi tersendiri, sehingga dapat dikenal oleh masyarakat dunia.

“Ajang ADWI ini juga berperan penting dalam mendorong pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berdampak positif terhadap perekonomian desa serta kelestarian lingkungan,” tutur Menteri Sandiaga Uno.

Sementara itu, Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan Menteri Sandiaga Uno di Desa Wisata Pulau Labengki. Menurut Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin, kehadiran Menteri Sandiaga Uno menjadi motivasi Pemerintah Kabupaten Konut dalam mendorong sektor pariwisata agar terus berkreasi dan berinovasi. Sehingga berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan di Pulau Labengki dan wisata lainnya yang ada di Konut.

“Pemkab Konut akan terus mendorong desa wisata yang mengangkat keunikan destinasi berbasis kearifan lokal setempat. Dengan begitu, desadesa wisata lainnya ini mampu bersaing di tingkat global dan menarik lebih banyak wisatawan mancanegara,” ujar Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin. (min/b)

  • Bagikan

Exit mobile version