Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Pemilih

  • Bagikan
PARTISIPASI PEMILIH : Suasana serah terima bendera kirab Pilkada serentak dari KPU Bombana melalui Anggota KPU, Rudinan kepada Ketua KPU Konsel, Eko Hasmawan Baso dan disaksikan komisioner lainnya, La Ode Darman dan Sekretaris KPU, Aila, kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)
PARTISIPASI PEMILIH : Suasana serah terima bendera kirab Pilkada serentak dari KPU Bombana melalui Anggota KPU, Rudinan kepada Ketua KPU Konsel, Eko Hasmawan Baso dan disaksikan komisioner lainnya, La Ode Darman dan Sekretaris KPU, Aila, kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus bertekad meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar kirab untuk menyosialisasikan tahapan pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara dan pemilihan bupati (Pilbup) Konsel.

Ketua KPU Konsel, Eko Hadmawan Baso, mengatakan agenda itu menjadi bagian dari sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat menjelang Pilkada serentak.

“Tujuan utama dari kirab Pilkada 2024 adalah mendorong masyarakat Konawe Selatan untuk lebih aktif berpartisipasi dalam Pilkada, serta mengenalkan calon gubernur dan bupati yang akan dipilih pada 27 November mendatang,” kata Eko saat serah terima bendera kirab Pilkada 2024 di halaman kantor KPU Konsel, Kamis (10/10).

Kirab Pilkada tersebut sesuai surat Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara yang menekankan pentingnya meningkatkan partisipasi pemilih. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya KPU dalam memberikan pendidikan kepada pemilih. Agar masyarakat lebih memahami pentingnya menggunakan hak pilihnya,” ungkap mantan Ketua Badko HMI Sultra tersebut.

Diketahui, rangkaian kirab Pilkada ini dimulai dari Kolaka Utara, Kolaka, Bombana dan terakhir Konawe Selatan. Eko menambahkan, kegiatan itu akan selesai pada 12 Oktober 2024, dengan serah terima di KPU Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai penutup perjalanan kirab.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat bisa lebih antusias dalam menggunakan hak suaranya pada Pilkada mendatang. Kurang lebih 50 hari lagi menuju pemilihan, semoga semua berjalan lancar dan diberi kemudahan dalam pelaksanaannya,” tambah Eko.

Kirab Pilkada dilakukan untuk mengenalkan caloncalon yang akan berkompetisi merebut dukungan masyarakat serta memberikan edukasi mengenai pentingnya menggunakan hak pilih.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk menyebarkan informasi mengenai jadwal Pilkada, tata cara pemilihan, serta aturan-aturan yang berlaku dalam proses pemilihan,” terangnya.

Agenda Kirab Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Konawe Selatan berlangsung selama tiga hari. Pertama di Kecamatan Andoolo, Andoolo Barat, Benua, Angata, Mowila, Landono dan Ranomeeto. Kemudian hari kedua di Kecamatan Tinanggea, Palangga Selatan, Lainea, Kolono, Moramo dan Moramo Utara. Terakhir di Kecamatan Palangga, Laeya, Wolasi serta Konda. (b/ndi)

  • Bagikan

Exit mobile version