Road to School : Melahirkan Generasi Melek Literasi

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (9 dari kiri), Kepala SMAN 6 Kendari, Idham (5 dari kanan), Supervisor MCOT Telkomsel Kendari, Armanto (3 dari kanan), redaksi dan manajemen Kendari Pos bersama guru serta siswa SMAN 6 Kendari dalam acara road to school Kendari Pos-Telkomsel, Kamis (10/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (9 dari kiri), Kepala SMAN 6 Kendari, Idham (5 dari kanan), Supervisor MCOT Telkomsel Kendari, Armanto (3 dari kanan), redaksi dan manajemen Kendari Pos bersama guru serta siswa SMAN 6 Kendari dalam acara road to school Kendari Pos-Telkomsel, Kamis (10/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

-- Kendari Pos-Telkomsel Berbagi Pengetahuan di SMAN 6 Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Literasi di lingkungan siswa saat ini masih rendah. Berangkat dari pemikiran itu, Kendari Pos menggagas program road to school untuk meningkatkan literasi di kalangan pelajar. Kendari Pos menggandeng

Telkomsel dalam program road to school ke sekolah-sekolah yang bermuara untuk melahirkan generasi melek literasi. Kali ini, giliran siswa SMAN 6 Kendari menjadi sasaran road to school, Kamis (10/10/2024).

Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin mengatakan dalam rangka untuk meningkatkan literasi siswa di Sultra, Kendari Pos menginisiasi road to school. “Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk terus membaca. Dengan begitu literasi siswa khususnya SMAN 6 Kendari dapat meningkat. Kegiatan ini tidak hanya fokus pada literasi tetapi juga perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat seperti yang kita rasakan saat ini,” ujar Direktur Irwan Zainuddin di hadapan ratusan siswa SMAN 6 Kendari, Kamis (10/10/2024).

Ia mengapresiasi berbagai capaian prestasi yang dicapai SMAN 6 Kendari. Sekolah yang dipimpin Idham itu berkembang pesat. Direktur Irwan Zainuddin meyakini capaian prestasi itu berdasarkan inovasi yang diterapkan Kepala SMAN 6 Kendari Idham.

“Majunya sebuah sekolah itu tergantung visi, inovasi dan kreativitas yang diterapkan kepala sekolah. Inilah yang dilakukan oleh Kepala SMAN 6 Kendari, Idham. Prestasi dibidang akademik maupun non akademik terus diraih. Hal itu merupakan hasil dari inovasi yang kreatif,” ungkapnya.

Direktur Irwan Zainuddin menuturkan Kendari Pos sebagai media mainstream juga tak luput dari inovasi dan kreativitas. Dalam menjawab tantangan perkembangan teknologi saat ini, Kendari Pos pun masuk ke ranah digitalisasi. “Kendari Pos tidak hanya memproduksi koran cetak, tetapi memiliki platform media online yakni kendaripos.fajar.co.id, kendarinews.com, ragamkendari.com, kanal youtube podcast Kendari Pos Channel, update news dan koran elektronik atau e-koran,” tuturnya.

Ia menyebut, perubahan mindset perlu dilakukan siswa di tengah perubahan zaman yang begitu pesat. Lalu, menumbuhkan karakter atau kebiasaan yang positif. Selain itu, selalu mengupgrade ilmu pengetahuan. Poin-poin itulah yang diterapkan Kendari Pos dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi saat ini.

Tak kalah penting lagi, siswa harus mempunyai planning dan visi ke masa depan. Kalau sudah punya visi, maka saya yakin siswa-siswi akan mampu menghadapi tantangan di masa depan. Saya berharap adanya kegiatan ini, akan melahirkan siswa-siswi yang akan membawa perubahan di Sultra,” terang Direktur Irwan Zainuddin.

Supervisor (SPV) Mobile Consumer Operations Territory (MCOT) Telkomsel Kendari, Armanto mengungkapkan, road to school Kendari Pos dan berkolaborasi dengan Telkomsel ini sebagai wujud peran dalam kemajuan dunia pendidikan. “Kolaborasi ini sangat penting karena kita sebagai makhluk sosial mutlak membutuhkan orang lain dalam setiap ikhtiar kita,” ujarnya.

Menurut Armanto, melalui road to school, Kendari Pos dan Telkomsel berkomitmen mendukung kemajuan pendidikan di Sultra. “Tentunya dengan memberikan pemahaman lebih luas mengenai pentingnya literasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat,” ungkapnya.

Armanto menjelaskan, road to school Kendari Pos-Telkomsel diharapkan menjadi momentum siswa-siswi untuk meningkatkan literasi, baik dalam hal pemahaman bacaan maupun penggunaan teknologi. “Tujuan kolaborasi kita adalah ikut serta dalam kemajuan pendidikan di daerah kita ini,” jelas Armanto.

Sementara itu, Kepala SMAN 6 Kendari, Idham menuturkan, kehadiran Kendari Pos dan Telkomsel hadir di SMAN 6 Kendari melalui program road to school dalam rangka peningkatan literasi siswa merupakan sebuah kehormatan. “Terima kasih kepada Harian Kendari Pos dan Telkomsel telah hadir di SMAN 6 Kendari,” tuturnya.

Idham berharap anak didiknya dapat membedakan berita hoax dan berita yang berdasarkan fakta melalui road to school Kendari Pos-Telkomsel ini. “Berita yang tidak diragukan lagi adalah di koran Kendari Pos, seperti yang diketahui proses penyaringan berita di media tersebut melalui beberapa tahap, sehingga dapat dipercaya keakuratan beritanya,” ujarnya.

Ia meyakinkan siswanya bahwa dengan membaca koran, maka dapat menambah wawasan. “Kalau mau mengikuti perkembangan zaman harus membaca koran Kendari Pos. Dalam koran Kendari Pos kita dapat memilih bacaan dari berbagai rubrikasi yang tersedia,” pungkas Idham. (win/b)

  • Bagikan