KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kualitas pelayanan bagi masyarakat pedesaan, terus ditingkatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe. Termasuk memerkuat sistem jaminan sosial bagi perangkatnya. Pemkab pun mulai menyosialisasikan penerapan sistem informasi monitoring administrasi kinerja pembangunan desa (Simoni Adik Bangdes). Serta meluncurkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi para Perangkat Desa se-Konawe, akhir pekan lalu.
Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, mengatakan, inovasi dibidang pelayanan sangat penting dalam mendukung efisiensi dan transparansi kinerja pemerintahan tingkat desa. Menurutnya, Simoni Adik Bangdes dapat menjadi alat efektif dalam memonitoring dan mengawasi berbagai program pembangunan di desa secara lebih realtime serta akurat.
“Melalui aplikasi ini, Pemkab dan Pemerintah Desa (Pemdes) dapat lebih mudah memantau perkembangan program pembangunan di wilayah masing-masing. Hal ini akan memercepat proses evaluasi serta memperbaiki tata kelola pemerintahan desa yang lebih transparan dan akuntabel,” ujar Ferdinand Sapan, kemarin.
Ia juga menuturkan, launching kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan merupakan langkah konkret dari Pemkab Konawe dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada perangkat desa. Utamanya, sebagai proteksi dari risiko kecelakaan kerja dan perlindungan jaminan hari tua (JHT).
“Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial kepada Perangkat Desa. Kami berharap dengan adanya kartu ini, aparatur merasa lebih aman dan nyaman dalam menjalankan tugas mereka,” tandasnya. (c/adi)