3.000-an Mahasiswa se-Indonesia Kumpul di Sultra

  • Bagikan
Rektor UHO, Prof. Dr.Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., (kiri) menerima cindera mata yang diserahkan Redaktur Pelaksana Kendari Pos Hasruddin Laumara (3 dari kanan) bersama Redaktur Daerah Darwin Sihombing (2 dari kanan) dan Redaktur Politik Ramadhan (kanan) di Gedung Rektorat UHO, Senin (7/10/2024) (AGR / KENDARI POS)
Rektor UHO, Prof. Dr.Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., (kiri) menerima cindera mata yang diserahkan Redaktur Pelaksana Kendari Pos Hasruddin Laumara (3 dari kanan) bersama Redaktur Daerah Darwin Sihombing (2 dari kanan) dan Redaktur Politik Ramadhan (kanan) di Gedung Rektorat UHO, Senin (7/10/2024) (AGR / KENDARI POS)

-- UHO Tuan Rumah KMI Expo XV 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Universitas Halu Oleo (UHO) dalam kendali Rektor Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., akan kedatangan 3.000-an mahasiswa, dosen pendamping, pimpinan perguruan tinggi yang diwakili wakil rektor III dari seluruh Indonesia. UHO di percaya menjadi tuan rumah Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV pada 23 hingga 25 Oktober 2024. 284 Perguruan Tinggi Negeri dan Swatas (PTN/PTS) akan berpartisipasi pada KMI Expo XV 2024 di UHO.

Baru-baru ini, Tim Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan visitasi lapangan kesiapan UHO sebagai tuan rumah.

Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan kegiatan KMI Expo XV 2024 ini adalah salah satu kegiatan besar dari Kemendikbudristek khususnya di Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. “Ini adalah salah satu kegiatan nasional untuk melihat bagaimana potensi mahasiswa di bidang kewirausahaan,” ujar Prof. Zamrun di ruang kerjanya, Senin (7/10/2024).

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sultra itu menambahkan kegiatan KMI Expo XV 2024 tersebut merupakan agenda tahunan yang dilakukan Kemendikbudristek untuk mencari atau melihat potensi-potensi mahasiswa di seluruh Indonesia, selain prestasi di bidang akademik.

Rektor Prof.Zamrun menambahkan sekira 627 produk wirausaha akan ditampilkan dalam KMI Expo 2024 ini. Setiap wirausaha terdiri dari dosen pendamping dan mahasiswa. Setiap Perguruan Tinggi (PT) akan menampilkan 1 sampai 6 kelompok usaha. Setiap kelompok usaha terdiri 3 sampai 5 orang.

Kategori wirausaha yang akan ditampilak dalam KMI Expo terdiri dari 6 kategori, yakni makanan dan minuman, bisnis digital, jasa dan perdagangan, industri kreatif, budidaya dan manufaktur, serta teknilogi terapan. Dari 6 kategori itu akan diverifikasi dalam 2 tahap, tahap awal dan tahap tumbuh.

“Peserta KMI ini adalah kelompok mahasiswa yang mendapatkan pendanaan dari Ditjen Belmawa Kemendikbudristekdikti melalui Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW),” jelas Rektor Prof.Zamrun.

Sementara itu, Ketua Panitia KMI Expo XV 2024, Dr.Sarinah, M.Si., mengatakan kesiapan UHO sebagai tuan rumah KMI Expo XV 2024 ditinjau oleh 13 Tim Ditjen Belmawa Kemendikbudristek. Tim itu dipimpin oleh Koordinator Kemahasiswaan Belmawa Ditjen Diktiristek, Sukino melakukan visitasi lapangan kesiapan UHO menjelang pelaksanaan KMI Expo XV tahun 2024.

“Kunjungan tersebut merupakan visitasi lapangan terakhir yang dilakukan oleh Tim Belmawa Kemendikbudristek terkait persiapan KMI Expo XV tahun 2024,” ujar Dr.Sarinah.

Dr.Sarinah, menjelaskan, visitasi tersebut dilaksanakan selama 3 hari. Hingga saat ini kesiapan pelaksanaan KMI Expo ini terus dimatangkan.

“Dalam KMI Expo ke XV akan banyak kegiatan yang akan ditampilkan. Sehingga dalam pelaksanaan nantinya, kami melakukan pendampingan secara intensif. Panitia kegiatan cukup banyak dan dibagi berdasarkan kegiatan dalam KMI EXPO XV, sehingga pendampingan panitia akan diintensifkan,” jelasnya. (win/b)

  • Bagikan