ASR : TNI Garda Terdepan Menjaga NKRI

  • Bagikan
Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) (IST)
Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Hari ini, 5 Oktober 2024 Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79. TNI lahir 5 Oktober 1945. Selama 79 tahun TNI setia menjadi perisai dan patriot bangsa Indonesia. Sebagai mantan perwira tinggi TNI Angkatan Darat (AD), Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) sudah khatam soal pengabdian prajurit TNI terhadap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Mantan Pangdam XIV Hasanuddin itu mengungkapkan makna penting dari peran TNI bagi bangsa dan negara, khususnya dalam mewujudkan Sultra yang aman dan sejahtera.

“TNI tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). TNI adalah benteng pertahanan terakhir yang selalu siap menjaga kedaulatan dan ke s e l a m a t a n bangsa Indonesia,” ujar Andi Sumangerukka, Jumat (4/10/2024).

Pria yang karib disapa ASR itu menambahkan TNI tidak hanya berperan dalam menjaga pertahanan dan keamanan, tetapi juga aktif terlibat dalam program-program pembangunan nasional, termasuk di Sultra.

“TNI selalu hadir di tengahtengah masyarakat, menjalankan tugas kemanusiaan dan membantu masyarakat yang terdampak bencana. Mereka juga terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tantangan global dalam melaksanakan tugasnya,” kata ASR.

Mantan Danrem 143 Halu Oleo itu menyebutkan Sulawesi Tenggara merupakan provinsi yang memiliki potensi alam dan kaya akan sumber daya alam (SDA). Oleh karena itu, peran TNI sangat penting dalam menjamin keamanan dan ketertiban di Sultra agar potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya meyakini TNI akan terus berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan baik, menjaga kedaulatan NKRI, dan mendukung pembangunan di Sulawesi Tenggara agar lebih maju dan sejahtera,” ungkap mantan Kepala BIN Daerah Sultra itu.

“Saya juga mengucapkan selamat HUT ke-79 TNI kepada semua prajurit TNI di seluruh Indonesia. Semoga TNI selalu kuat dan berjaya,” pungkas ASR. (ags/b)

  • Bagikan

Exit mobile version