ASR-Hugua Tawarkan 8 Program Unggulan

  • Bagikan
Calon Gubernur, Andi Sumangerukka/ ASR (pakai kacamata riben) saat blusukan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodoha, Kota Kendari, Jumat (4/10/2024) (IST)
Calon Gubernur, Andi Sumangerukka/ ASR (pakai kacamata riben) saat blusukan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodoha, Kota Kendari, Jumat (4/10/2024) (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sultra, Andi Sumangerukka (ASR)-Hugua, melakukan kampanye terbuka di Pelataran Eks MTQ Kota Kendari, Jumat (4/10/2024).

Kampanye paslon nomor urut 2 itu dihadiri ribuan relawan, simpatisan dan pendukungnya. Dalam kesempatan itu, calon Gubernur Sultra, ASR mengingatkan masyarakat untuk berhatihati saat memilih pemimpin pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024. “Jika sampai salah memilih pemimpin maka selama 5 tahun akan merasakan dampak kebijakan yang tidak berpihak,” ujar ASR.

“Kami datang di sini (kampanye) mohon doa restu, berharap kepada masyarakat pada 27 November nanti jangan salah dalam memilih pemimpin,” sambung ASR.

Pada kesempatan yang sama, calon Wakil Gubernur Sultra, Hugua, mengatakan jika ASR-Hugua terpilih kedepannya terdapat 8 program yang ditawarkan.

Pertama, program Jamaah (Jalan Mulus Antar Wilayah). Program ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur jalan, memastikan setiap wilayah di Sultra dapat diakses dengan mudah. Peningkatan ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan mempermudah akses transportasi dan distribusi barang.

Kedua, program Samudra (Semua Mudah Dapat Kerja). Program ini fokus pada penciptaan lapangan kerja melalui investasi besar-besaran di sektor industri dan pariwisata. Program ini dirancang untuk menurunkan angka pengangguran dan menyediakan lebih banyak kesempatan kerja bagi warga Sultra.

Ketiga, program Satria Kepulauan (Satu Triliun Anggaran Kepulauan). Program ini berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran khusus sebesar Rp1 triliun untuk pengembangan kepulauan. Dana ini akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur, pendidikan, dan layanan kesehatan di daerah kepulauan yang sering terabaikan.

Keempat, program Setara (Seratus Juta Asuransi untuk Petani). Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan asuransi kehidupan senilai seratus juta rupiah bagi petani, melindungi mereka dari risiko finansial akibat kegagalan panen atau bencana alam.

Kelima, Laris (Layanan Ambulans Darat dan Laut Gratis). Menyediakan layanan ambulans darat dan laut tanpa biaya untuk meningkatkan akses ke layanan kesehatan darurat, khususnya di wilayah terpencil dan kepulauan.

Keenam, Mantu (Modal Usaha untuk Ibu-ibu), yakni program pemberdayaan perempuan melalui pemberian modal usaha. Ini ditujukan untuk membantu ibu-ibu di Sultra untuk memulai atau mengembangkan usaha kecil dan mendukung kemandirian ekonomi perempuan.

Ketujuh, Penggaris (Perlengkapan Seragam dan Sekolah Gratis), yakni program yang menjamin setiap anak di Sultra mendapatkan akses pendidikan dengan menyediakan seragam dan perlengkapan sekolah gratis, meringankan beban biaya pendidikan bagi keluarga.

Kedelapan, Sportika (Sport Center di Tiap Kabupaten dan Kota), yakni pembangunan pusat olahraga di setiap kabupaten dan kota, dengan tujuan untuk mendukung pengembangan atlet lokal dan memberikan fasilitas olahraga yang memadai untuk masyarakat umum.

Sebelumnya, Andi Sumangerukka (ASR) blusukan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodoha, Kota Kendari, Jumat (4/10/2024). ASR tiba di lokasi bersama rombongan tim pemenangan dan perwakilan pengurus partai politik pengusung.

Di TPI Sodoha, ASR disambut antusias oleh para pedagang dan pengunjung dengan yel-yel ASR Gubernurku, ASR Pilihan Kita, ASR Idolaku. “Inimi calon gubernur idola kita, hidup ASR, pilih nomor 2,” kata pengunjung dan pedagang di TPI.

ASR langsung menyapa pedagang dan meninjau kondisi TPI. Ia mengaku prihatin dengan kondisi pasar pelelangan ikan yang perlu diperbaiki. “Ini merupakan fasilitas umum yang harus nyaman bagi masyarakat dan pedagang,” ujar ASR.

Ia menjanjikan rehabilitasi TPI, terutama bagian penjualan ikan. “Perbaikan ini menjadi harapan masyarakat agar lingkungannya nyaman dan tempat belanja ini lebih layak,” tegas ASR.

ASR juga menyoroti pentingnya pengelolaan perikanan di Sultra, yang merupakan daerah kepulauan penghasil ikan.

Ia berjanji untuk membangun Cold Storage (penampungan ikan) jika terpilih menjadi Gubernur Sultra. “Kita harus memastikan kualitas ikan yang dihasilkan nelayan tetap terjaga dan bertahan lama. Cold Storage akan membantu menampung ikan dan menjaga kualitasnya, sehingga harga ikan tetap stabil,” jelas ASR.

Sekedar informasi, paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, ASR-Hugua maju di Pilkada Gubernur berkat dukungan beberapa partai politik (parpol), yakni Partai Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan total suara dukungan sebanyak 404.172 suara sah. (ags/b)

  • Bagikan