Road to School : Menciptakan Generasi Cerdas

  • Bagikan
Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (6 dari kiri), Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari, Mahmud Hilaluddin (7 dari kiri), Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (8 dari kanan) dan Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari, La Ode Suayib (7 dari kanan) bersama para guru dan siswa SMA Kartika XX-2 Kendari serta siswa SMP Kartika XX-6 Kendari, Kamis (3/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (6 dari kiri), Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari, Mahmud Hilaluddin (7 dari kiri), Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (8 dari kanan) dan Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari, La Ode Suayib (7 dari kanan) bersama para guru dan siswa SMA Kartika XX-2 Kendari serta siswa SMP Kartika XX-6 Kendari, Kamis (3/10/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

-- Kendari PosTelkomsel Menyapa Siswa SMA/SMP Kartika

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Road to School Kendari Pos-Telkomsel kembali menyapa siswa di Kota Kendari. Kali ini menyapa siswa SMA Kartika XX2 Kendari dan SMP Kartika XX-6 Kendari, Kamis (3/10/2024). Dalam setiap kunjungan ke sekolah-sekolah Kendari Pos-Telkomsel konsisten memberikan materi terkait literasi dan perkembangan teknologi informasi. Pemaparan materimateri itu bermuara untuk menciptakan generasi cerdas di tengah gempuran kemajuan teknologi informasi.

Dihadapan siswa SMA dan SMP Kartika, Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin memaparkan komitmen Kendari Pos dalam mendukung kemajuan literasi di Sultra. Salah satunya melalui program Road To School. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa-siswi di Sultra,” ujarnya.

Awal Nurjadin menuturkan, Kendari Pos menyadari literasi di lingkungan siswa saat ini masih rendah, mengingat perkembangan teknologi semakin pesat. “Sebagai media mainstream, Kendari Pos mengambil langkah untuk meningkatkan literasi siswa melalui program road to school,” ungkapnya.

Selain itu, Awal Nurjadin menekankan akan pentingnya siswa mengasah inovasi dan kreativitas di era teknologi saat ini. Sama halnya, Kendari Pos yang berinovasi dengan melahirkan beberapa platform media online seperti kendaripos.fajar.co.id, kendarinews.com, ragamkendari.com, kanal youtube podcast Kendari Pos Channel, dan koran elektronik atau e-koran. Kendari Pos juga merambah platform media sosial untuk menyiarkan informasi update.

“Dengan adanya media terobosan tersebut, siswa dapat membaca berita Kendari Pos dengan mudah, di manapun dan kapanpun, melalui e-koran maupun media sosial lainnya, tentunya menggunakan handphone. Dengan begitu diharapkan literasi meningkat di kalangan siswa,” kata Awal Nurjadin.

Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari, Mahmud Hilaluddin menerangkan, internet dan handphone adalah senjata yang bermata dua. Artinya, handphone dapat digunakan ke arah positif dan negatif. “Dengan adanya program road to school Kendari Pos-Telkomsel ini, siswa-siswi dapat mengetahui bagaimana penggunaan media sosial dengan baik dan benar,” terangnya.

Mahmud Hilaluddin menyebut, road to school Kendari Pos-Telkomsel bertujuan untuk memastikan siswa mengetahui literasi. “Kita harapkan agar siswa-siswi harus lebih banyak membaca dibandingkan main game atau scroll media sosial,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari, La Ode Suayib, mengatakan kemajuan teknologi khususnya platform media sosial saat ini sangat membantu kemajuan pendidikan. Namun, kemajuan teknologi informasi itu juga memiliki dampak negatif. “Sehingga sebagai siswa-siswi harus mampu atau cermat menggunakan media itu dengan sebaik mungkin,” katanya.

Suayib mengapresiasi program road to school yang digagas Kendari Pos dan Telkomsel. Sebab, siswanya tercerahkan melalui pemaparan materi tentang literasi, baik meningkatkan minat baca maupun literasi teknologi informasi.

“Kita diedukasi untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Olehnya itu saya berharap siswa-siswi dapat memanfaatkan kegiatan ini sehingga dapat diterapkan sehari-hari khususnya di sekolah,” jelas Suayib.

Senada, Kepala SMP Kartika XX-6 Kendari, M.Pausi mengapresiasi road to school Kendari Pos-Telkomsel tersebut. “Karena dengan kegiatan ini, siswasiswi kami dapat mengetahui bagaimana penggunaan media sosial dengan baik dan benar,” ujarnya. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version