Bijak Gunakan Gadget, Cerdas Pilih Bacaan

  • Bagikan
Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (lima dari kiri), Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari Mahmud Hilaluddin (lima dari kanan), Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari La Ode Suayib (tengah), Kepala SMP Kartika XX-6 Kendari M.Pausi (empat dari kanan) management Kendari Pos bersama siswa-siswi SMA dan SMP Kartika Kendari. (IST)
Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (lima dari kiri), Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari Mahmud Hilaluddin (lima dari kanan), Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari La Ode Suayib (tengah), Kepala SMP Kartika XX-6 Kendari M.Pausi (empat dari kanan) management Kendari Pos bersama siswa-siswi SMA dan SMP Kartika Kendari. (IST)

--Road To School di SMA dan SMP Kartika

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Media tak hanya memiliki fungsi menyajikan informasi. Namun juga hiburan, pendidikan dan kontrol sosial. Selama 29 tahun berdiri, Kendari Pos konsisten menjalankan amanah yang termaktub pada pasal 2 butir 1 Undang-undang (UU) nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Sebagai implementasi di bidang pendidikan atau edukasi, tiap tahunnya Kendari Pos menggelar event untuk mengasah bakat, kreativitas dan peningkatan literasi membaca. Salah satunya melalui Kendari Pos Road to School. Tahun ini, Kendari Pos menggandeng PT Telkomsel berkeliling di sekolahsekolah di Kota Kendari.

Setelah SMAN 1 Kendari, kini rombongan Kendari Pos dan Telkomsel Kendari menyambangi SMA XX 2 Kartika dan SMP XX 6 Kartika Kendari. Wakil Direktur (Wadir) Kendari Pos Awal Nurjadin memimpin kunjungan bersama jajaran manajemen. Sementara PT Telkomsel diwakili Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari Mahmud Hilaluddin.

Wadir Kendari Pos, Awal Nurjadin mengatakan Kendari Pos siap mendukung kemajuan literasi di Sultra. Road to School ini bagian dari upaya Kendari Pos meningkatkan literasi pelajar di Bumi Anoa. Dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, pelajar harus diBijak Gunakan Gadget, Cerdas Pilih Bacaan Jiran Putri Madinah, kelas VIII Al Fauzan Muhammad, kelas VIII Rifka Musyirah, kelas XII ips2 Muh. Iqwah Abil, kelas XI 3 Marcelino, kelas VII Farah Diba, kelas XII ipa2 Alfaras, kelas X2 tuntun bagaimana menggunakan internet dengan benar termasuk dalam mengakses informasi. Internet memudah siapa saja mendapat informasi. Hanya saja, pelajar harus cerdas memilih informasi.

Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin, Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (tiga dari kanan), Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari Mahmud Hilaluddin, Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari, La Ode Suayib, Kepala SMP Kartika XX-6 Kendari M.Pausi, bersama dalam giat Kendari Pos bersama Telkomsel Road To School.

Sebab banyak informasi hoaks bertebaran. Untuk tidak terhindar dari kabar hoaks, carilah media yang terpercaya atau media mainstream.

“Kendari Pos memiliki platform media online. Diantaranya KendariPos. Fajar.co.id, Kendarinews. com, Ragamkendari.com, podcast Kendari Pos channel, update news dan koran elektronik atau E-koran,” rincinya kemarin.

Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Kendari Mahmud Hilaluddin menjelaskan gadget bak senjata yang bermata dua. Yang mana, bisa digunakan ke arah positif maupun sebaliknya. Kendari Pos Road To School yang bekerjasama dengan Telkomsel bertujuan mengedukasi pelajar agar bisa memanfaatkan teknologi secara tepat.

Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari La Ode Suayib saat memberikan sambutan dalam giat Kendari Pos bersama Telkomsel Road To School.

“Berselancar di media sosial dan main game online boleh saja. Tapi tidak boleh berlebihan. Internet memudahkan kita semua mengakses informasi atau pengetahuan baru. Jadi, perbanyaklah membaca,” pesannya.

Kepala SMA Kartika XX-2 Kendari La Ode Suayib, mengatakan keberadaan teknologi sangat membantu memajukan dunia pendidikan. Namun teknologi informasi bisa berdampak negatif. Untuk itulah, pelajar harus mampu dan cermat menggunakan media itu dengan baik.

“Kendari Pos Road To School ini memberikan edukasi bagaimana menggunakan media sosial dengan dan benar. Yang paling penting, bagaimana meningkatkan literasi khususnya membaca,” ujarnya. Kepala SMP Kartika XX-6 Kendari, M. Pausi mengaku senang Kendari Pos bersama Telkomsel menempatkan pelaksanaan Road To School Kendari Pos di SMA Kartika XX-2 Kendari dan SMP Kartika XX-6 Kendari.

Wakil Direktur Kendari
Pos Awal Nurjadin.

“Selaku pimpinan saya mengucapkan terimakasih kepada Kendari Pos yang telah menginisiasi program Road To School. Karena dengan kegiatan ini, siswa-siswi bisa belajar menggunakan media sosial yang tepat,” salutnya. (c/win)

  • Bagikan