Pj Bupati Kostantinus Perkuat Ketahanan Pangan

  • Bagikan
Pj Bupati Buteng Kostantinus Bukide (tengah) meninjau dan turut panen perdana sayuran di pekarangan rumah masyarakat Kecamatan Mawasangka, baru-baru ini. (ERLIN IPO / KENDARI POS)
Pj Bupati Buteng Kostantinus Bukide (tengah) meninjau dan turut panen perdana sayuran di pekarangan rumah masyarakat Kecamatan Mawasangka, baru-baru ini. (ERLIN IPO / KENDARI POS)

-- Gaungkan Penanaman Sayuran di Pekarangan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pengendalian laku inflasi merupakan salah satu aspek yang menjadi atensi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Dalam berbagai kesempatan, Presiden selalu menekankan hal itu kepada pemerintah daerah (pemda). Arahan Presiden Jokowi itu dipegang erat Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide. Ia memperkuat ketahanan pangan sebagai ikhtiar pengendalian inflasi.

Pemerintah Kabupaten Buteng dalam kendali Pj Bupati Kostantinus Bukide menggencarkan program pemanfaatan pekarangan masyarakat untuk menanam sayuran demi memperkuat ketahanan pangan. Program itu mulai menunjukan hasil positif. Pekarangan yang diolah masyarakat beberapa bulan lalu, kini mulai bisa dipanen.

Pj Bupati Buteng Kostantinus Bukide meninjau langsung panen perdana kebun sayuran di Kecamatan Mawasangka, baru-baru ini. Ia mengaku bangga sayuran yang tumbuh subur itu. “Ini adalah langkah positif yang sudah kita mulai dan menunjukan hasil positif. In Sya Allah ini akan memperkuat ketahanan pangan kita,” ujarnya, Rabu (2/10/2024).

Pj Bupati Kostantinus menjelaskan program menanam di pekarangan rumah diinisiasi Dinas Pangan Kabupaten Buteng yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat. Ia berharap semua kecamatan, kelurahan dan desa menuai hasil panen yang sama. Sebab program penfaatan pekarangan itu telah dilakukan hingga tingkat bawah.

“Mudah-mudahan di kecamatan lain juga panennya sukses. Karena program ini bukan hanya di Mawasangka tetapi sudah ada dimana-mana,” ungkap Pj Bupati Kostantinus.

Selain panen sayuran, pada kesempatan itu Pj Bupati Kostantinus juga menanam pohon cabai, dengan harapan dapat menjadi contoh bagi masyarakat setempat dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan. “Cabai ini salah satu komoditas pemicu inflasi. Padahal kita punya banyak lahan untuk menanam, bibitnya mudah tumbuhnya dan mudah perawatannya,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Pemkab Buteng itu menuturkan, hampir semua daerah menghadapi inflasi, stunting maupun kemiskinan ekstrem. Nah hasil dari panen sayuran itu bisa juga menjadi suplai kebutuhan sayur-sayuran yang memang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. (lyn/b)

  • Bagikan