Jurus Jitu Pjs Bupati Konut

  • Bagikan
Pjs Bupati Konut La Ode Saifuddin bersama pejabat Forkopimda. (IST)
Pjs Bupati Konut La Ode Saifuddin bersama pejabat Forkopimda. (IST)

--Ademkan Suhu Politik Lewat Cooling System

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pjs Bupati Konawe Utara (Konut) La Ode Saifuddin punya jurus jitu agar suhu politik di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serantak lebih adem. Untuk menciptakan Pilkada kondusi,f, ia mengundang pasangan calon IkbarAbuhaera (Berkibar) dan Sudiro-Rauf (SR) dalam satu kegiatan bertemakan cooling system.

Sebagai Pjs Bupati Konut, ia ingin memastikan roda pemerintahan berjalan baik, dengan melaksanakan programprogram pembangunan. Yang terpenting, menjaga kondusifitas daerah dimasa-masa krusial menjelang Pilkada.

"Sebagiamana pejabat sementara, saya juga diamanatkan menjaga netralitas Pemkab dan memastikan pelayanan publik tetap berjalan optimal,"ujar Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sultra kemarin.

Pjs Bupati Konut La Ode Saifuddin bersama pejabat Forkopimda.

Selain itu, keberadaan Pjs Bupati Konut menjadi fasilitator bagi semua pihak agar proses demokrasi dapat berjalan lancar, tertib dan damai. Apalagi Pilkada serentak tahun 2024 ini merupakan momentum bagi daerah. Olehnya itu, menjadi kesempata bagi masyarakat Konut dalam menentukan hak demokrasinya, namun harus juga diingat bahwa Pilkada bukan hanya tentang menang dan kalah.

"Melainkan bagaimana kita bersama menjaga proses demokrasi agar tetap sehat, damai dan bermartabat,"ujarnya. Pjs Bupati Konut mengaku cooling system Pilkada serentak bertujuan mendinginkan suasana untuk meredam potensi konflik yang memungkinkan timbul selama tahapan Pilkada berlangsung.

"Saya garis bawahi, poin penting yang esensial dalam menjaga kondusifitas dimasa Pilkada adalah menjaga komunikasi yang sehat, santun dalam setiap proses demokrasi baik diruang publik maupun media sosial,"ujarnya.

Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin (Tengah) diapit dua paslon, Ikbar- Abuhaera (kanan), Sudiro-Rauf (kiri) dalam kegiatan cooling system.

Selanjutnya, Pjs Bupati Konut menambahkan, komitmen pada keamanan dan ketertiban dalam menjaga stabilitas keamanan. Makanya, apresiasi Pjs Bupati Konut, ditunjukan pada TNI/Polri di Konut yang telah berjibaku menjaga kenyamanan dan keamanan tanpa mengenal batas waktu.

"Kita harus menyadari bahwa Pilkada yang aman tidak bisa terwujud tanpa adanya kolaborasi antara pemerintah, aparat keamanan dan masyarakat. Keamanan adalah tanggung jawab bersama, oleh karenanya mari kita bersama-sama menjaga agar situasi tetap kondusif, sehingga setiap tahapan Pilkada berlangsung tertib dan lancar,"ujarnya.

Hal selanjutnya adalah netralitas ASN dalam menjaga marwah birokrasi dari kepercayaan publik, menjadi hal paling utama oleh Pjs Bupati Konut. "Kami memastikan seluruh aparatur pemerintahan tetap netral dan tidak terlibat politik praktis,"tandasnya.

Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin saat menyalami peserta apel gabungan.

Dalam kegiatan bertemakan cooling system, Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin menggelar apel gabungan yang dihadiri Bawaslu, KPU, TNI/Polri hingga organisasi perangkat daerah. Apel tersebut untuk menyamakan persepsi dalam menjaga kedamaian dan ketentraman dimomentum Pilkada. (b/min)

  • Bagikan