Mengawal Kebijakan Nasional di Konawe Utara

  • Bagikan
Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Konawe Utara, La Ode Saifuddin (kiri) saat memimpin apel gabungan di kantor Bupati Konut, Senin (30/9/2024). (PROKOPIM SETKAB KONUT FOR KENDARI POS)
Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Konawe Utara, La Ode Saifuddin (kiri) saat memimpin apel gabungan di kantor Bupati Konut, Senin (30/9/2024). (PROKOPIM SETKAB KONUT FOR KENDARI POS)

-- Pjs Bupati Konut Ingatkan Netralitas ASN

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Tak lama setelah dikukuhkan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Konawe Utara (Konut), La Ode Saifuddin gegas bekerja. Ia berkomitmen mengawal dan menyukseskan program nasional di daerah yang dipimpinnya. Terutama program yang searah instruksi Presiden Jokowi, seperti penurunan prevalensi stunting, kemiskinan ekstrem dan inflasi daerah.

“Alhmadulillah, soal kemiskinan ekstrem paling kecil di Konut bila dibandingkan 17 kabupaten/kota di Sultra. Makanya, di era kepemimpinan saya nanti progres kemiskinan ekstrem semakin menurun,” ujar Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin saat memimpin apel gabungan di kantor Bupati Konut, Senin (30/9/2024).

Ia menambahkan program lainnya adalah akselerasi penurunan angka stunting. Hal itu menjadi prioritas program kerjanya sebab sudah menjadi kebijakan dan program nasional. “Minimal berkurang (angka stunting) di Konut ,” kata La Ode Saifuddin

Tak hanya itu, indeks pembangunan manusia (IPM) Konawe Utara berada dalam persentase 71,10 poin dengan posisi kelima dari 17 kabupaten/kota di Sultra. “Mudah-mudahan ini yang kita targetkan minimal berada dalam posisi ke 4 di massa kepemimpinan saya sebagai Pjs Bupati Konut,” tutur La Ode Saifuddin.

Selain memprioritaskan program pemerintah pusat di Konut, Pjs Bupati La Ode Saifuddin berkomitmen menjaga muruh birokrasi dalam penyelengggaraan Pilkada. Terutama aspek netralitas ASN. Ia menekankan aspek netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada penyelenggaraan Pilkada Konut pada 27 November 2024.

“Seluruh ASN wajib menjaga profesionalitas kerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara. Ini sangat penting sikap netral bagi seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Konut menjelang Pilkada serentak yang akan datang,” tegas Pjs Bupati Konut, La Ode Saifuddin.

Staf Ahli Gubernur Sultra Bidang Ekonomi Keuangan dan Perhubungan itu menjelaskan salah satu kunci utama perilaku ASN yang berintegritas dan profesional adalah dengan menjaga sikap dan netralitasnya dalam momentum Pilkada. Sebab, kepercayaan publik atau rakyat akan tergambar dari birokrasinya yang profesional.

“Saya meminta mulai dari jabatan pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pengawas, seluruh ASN, serta kepala desa dan perangkat desa untuk bersikap netral,” pinta Pjs Bupati La Ode Saifuddin.

Ia menegaskan sikap netral sangat penting dalam menjaga kepercayaan masyarakat, tanpa mengabaikan tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Dengan komitmen yang dilandasi dengan profesionalitas tentu akan melahirkan ASN Konawe Utara yang berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan daerah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga,” imbuh Pjs Bupati La Ode Saifuddin. (min/b)

  • Bagikan