Kembangkan Minat Mahasiswa dalam Statistik dan Data Sains

  • Bagikan
Suasana kegiatan Gebyar Statistika IV di Aula FMIPA UHO. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Suasana kegiatan Gebyar Statistika IV di Aula FMIPA UHO. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) S1 Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan Gebyar Statistika IV dengan tema Statistic Society 5.0: Integration of Statistic and Data Science for Golden Indonesia 2045. Acara ini berlangsung di Aula FMIPA UHO, Senin (30/9), dengan tujuan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di bidang statistik dan data sains.

Ketua Jurusan Matematika FMIPA UHO, Muhammad Kabil Djafar, menjelaskan bahwa tema yang diangkat tahun ini sangat relevan dalam menghadapi era society 5.0, terutama dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045. "Statistik memainkan peran penting dalam menyediakan data yang dapat digunakan untuk menganalisis apakah suatu tren bergerak ke arah positif atau negatif. Data inilah yang membantu kita menarik kesimpulan, apakah kita benar-benar menuju generasi emas atau tidak," ujarnya.

Lebih lanjut, Kabil menambahkan bahwa acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya statistik. "Dengan adanya lomba dan seminar, masyarakat bisa lebih mengenal statistik dan kontribusinya dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Saya berharap para peserta dapat memanfaatkan acara ini sebaik mungkin," jelasnya.

Ketua HMPS S1 Statistika UHO, Aliwin, mengungkapkan bahwa Gebyar Statistika merupakan agenda tahunan HMPS yang digelar untuk mengembangkan minat dan pengetahuan mahasiswa dalam bidang statistik. "Ini merupakan tahun keempat pelaksanaan Gebyar Statistika, di mana tahun ini terdapat beberapa kegiatan seperti seminar nasional, pelatihan perangkat lunak, lomba Gebyar Info Statistik, dan Gebyar Analisis Statistik," tuturnya.

Aliwin juga menambahkan bahwa kegiatan kali ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. "Saat ini, ada 9 tim yang berpartisipasi dari universitas yang berbeda, dan 5 tim finalis akan melaju ke babak selanjutnya. Acara ini akan berlangsung selama 4 hari, dari 30 September hingga 3 Oktober 2024. Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya," harapnya. (win/b)

  • Bagikan