Asuransi Sinar Mas Gelar Literasi Keuangan

  • Bagikan
Asuransi Sinar Mas Didampingi Perwakilan OJK Sulawesi Tenggara Bagikan Celengan Impian & Buku Gambar Bagi Siswa/i SD Negeri 4 Kendari (IST)
Asuransi Sinar Mas Didampingi Perwakilan OJK Sulawesi Tenggara Bagikan Celengan Impian & Buku Gambar Bagi Siswa/i SD Negeri 4 Kendari (IST)

-- Bagikan 315 Asuransi Mikro di Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- ASURANSI Sinar Mas menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan bagi para pelajar di SMP Frater Kendari, Sulawesi Tenggara (20/10/2024). Melalui literasi keuangan, Asuransi Sinar Mas menanamkan pentingnya mengelola keuangan sejak dini kepada para siswa. Peserta literasi yang terdiri dari siswa -siswi dan guru diberikan pengenalan mengenai perencanaan keuangan, pemahaman asuransi dan juga menabung.

“Kami bersyukur acara literasi keuangan ini berjalan dengan baik. Kami melihat para peserta literasi baik guru dan siswa antusias mengikuti pemaparan materi yang diberikan. Harapan kami setelah kegiatan ini, peserta semakin memahami cara mengelola keuangan serta memahami pentingnya asuransi untuk melindungi diri, kesehatan dan juga aset. Peyelenggaraan literasi kali ini kami berkolaborasi dengan Asuransi Simas Insurtech, ” jelas Cosmos Asriawan Iwawo, Pimpinan Cabang Asuransi Sinar Mas Kendari.

Asuransi Sinar Mas senantiasa mendukung upaya peningkatan literasi keuangan di Indonesia. Penyeleggaraan literasi keuangan ini merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang diinisasi OJK bersama dengan Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI), yang resmi dicanangkan pada bulan Agustus 2024 lalu.

Kegiatan ini juga sejalan dengan road to Bulan Inklusi Keuangan yang akan diadakan pada Oktober nanti. Berbeda dari kegiatan literasi yang diselenggarakan sebelumnya, Asuransi Sinar Mas menerapkan beberapa metode baru untuk literasi di Kendari, seperti simulasi mengelola keuangan, games tebak kata yang berhubungan dengan risiko, dan tarian produk-produk asuransi sinar mas.

Dengan adanya metodemetode baru ini, Asuransi Sinar Mas berharap para peserta literasi dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan. Made Okabuana selaku Wakil Kepala Sekolah SMP Frater Kendari menyambut positif kegiatan literasi keuangan yang baru pertama kali diselenggarakan di sekolahnya.

“Sekolah kami baru pertama kali menyelenggarakan acara literasi keuanganseperti ini. Menurut saya, ini kegiatan yang bagus sekali karena materi literasi yang disampaikan Asuransi Sinar Mas dapat mendorong para guru dan siswa untuk memanfaatkan keuangan yang dimiliki secara lebih bijak, "Pelaksanaan literasi keuangan di SMP Frater Kendari juga dihadiri oleh perwakilan OtoritasJasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara, yaitu Laode Diman dan Sulprina Rahmin Putri, selaku Analis Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa KeuanUji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), layanan gan, Edukasi, Perlindungan Konsumen, dan Layanan Manajemen Strategis.

“OJK sangat mengapresiasi Asuransi Sinar Mas yang telah memberikan edukasi dan literasikeuangan kepada para siswa di SMP Frater Kendari. Kegiatan hari ini juga termasuk inklusi keuangan karena adanya pemberian asuransi bagi para siswa dan guru di SMP FraterKendari. Hal ini pun sejalan dengan program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan(GENCARKAN). Kami berharap kegiatan literasi ini dapat terus berlanjut dan bisa memberidampak bagi masyarakat di Sulawesi Tenggara,” tambah La Ode Diman.

Pada kesempatan ini, Asuransi Sinar Mas juga membagikan kartu asuransi mikro secara gratis kepada siswa dan guru di SMP Frater Kendari. Total 315 polis asuransi mikro yang dibagikan terdiri dari 289 asuransi Simas Siswa Mikro untuk siswa dan 26 asuransi Simas Perlindungan untuk guru. Asuransi Sinar Mas juga membagikan 408 celengan impian dan 350 buku cerita kepada seluruh peserta literasi keuangan . (adv)

  • Bagikan