Parinringi Siapkan Konsep Bangun Kawasan Ibukota

  • Bagikan
Pj.bupati Parinringi saat meninjau jalan dari titik 0 patung Soekarno menuju lahan kantor bupati baru. (IST)
Pj.bupati Parinringi saat meninjau jalan dari titik 0 patung Soekarno menuju lahan kantor bupati baru. (IST)

--Bangun Ruas Jalan Baru Menuju Kantor Bupati

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kawasan ibukota Buton Selatan akan punya performa baru dalam beberapa tahun ke depan. Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi, sudah menyiapkan konsep untuk menata ibu kota sebagai beranda daerah itu. Bahkan sebagian rencana besarnya itu mulai dituangkan dalam bentuk kebijakan program pembangunan.

Parinringi sudah merancang kantor bupati Buton Selatan. Jika tak ada aral melintang, awal tahun 2025 mendatang Pemkan melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor bupati. Selain itu, Parinringi akan membuka ruas jalan baru untuk memotong jarak tempuh menuju kantor baru itu.

Akhir pekan kemarin, Parinringi meninjau langsung proses pengerjaan jalan baru dan rute lanjutannya menuju kantor baru dimaksud. Ruas jalan baru itu setelah diukur, memiliki jarak 9 kilometer. Itu terhitung dari titik 0 Buton Selatan yakni Tugu Soekarno di Desa Lawela menuju bakal kantor bupati di Kelurahan Laompo, Kecamatan Batauga.

Parinringi menjelaskan pembukaan jalan poros baru ini diyakini dapat mempermudah dan mempercepat akses masyarakat dan tamu dari luar daerah untuk menuju kantor bupati Buton Selatan.

“Setelah saya cek, kirakira panjangnya sekira 9 kilometer. Awal tahun, kantor bupati sudah kita letakan batu pertamanya kemudian kita susul dengan pembukaan jalan baru ini,” kata Parinringi.

Lebih lanjut Parinringi juga sudah melakukan hitung-hitungan, untuk rute sejauh itu membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 7 Miliar. Menurutnya angka itu bisa dialokasikan hanya dalam setahun anggaran. “Kalau kantor bupatinya multiyear, tapi kalau jalannya bisa setahun anggaran, makanya ini sedang kita kalkukasi kebutuhan anggarannya. Tapi saya yakin kita bisa mewujudkannya. Karena kawasan ibukota ini harus kita kembangkan,” lanjutnya.

Suami dari Iffah Insyirah Mukty itu juga meyakini kelak jalan baru dan kantor bupati baru itu akan menjadi ikon bagi Buton Selatan. “Saya percaya ini ikon ke depannya,” pungkas dia. (lyn/b)

  • Bagikan

Exit mobile version