KPU Sultra Tunggu Pengganti

  • Bagikan
Amiruddin, Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sultra (IST)
Amiruddin, Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sultra (IST)

-- Tarung di Pilkada, 8 Anggota DPRD Sultra Mundur

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menunggu calon pengganti antar waktu (PAW) bagi 8 anggota DPRD Sultra periode 2019-2024 yang mundur. Tercatat 8 anggota DPRD Sultra mundur karena maju di Pilkada 27 November 2024. Mereka yang mundur adalah Aksan Jaya Putra (Golkar), Sudirman (PKS), Rifqi Saifullah Razak (Demokrat), Jumardin (Demokrat), Yudianto Mahardika Anton Timbang (Gerindra), Salam Sahadia (Demokrat), Samsul Ibrahim (PAN) dan Hasrat, SH (PDIP).

Koordinator Divisi (Kordiv) Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sultra, Amiruddin, mengungkapkan pihaknya masih menunggu informasi terkait pengganti anggota DPRD yang mundur.

“Kami belum mendapatkan informasi terkait siapa pengganti karena itu diputuskan oleh Partai Politik (Parpol) masing-masing. Kami masih menunggu. In Sya Allah anggota DPRD Sultra periode 2024-2029 terpilih akan dilantik pada 7 Oktober 2024,” jelas Amiruddin.

Tak hanya itu, beberapa anggota DPRD Sultra terpilih pada Pemilu 14 Februari 2024 ikut mundur karena ikut bertarung di Pilkada 2024 yakni Sudirman, Rifqi Saifullah Razak, Aksan Jaya Putra, Abdul Rasak.

Untuk diketahui, anggota DPRD Sultra periode 2019-2024 yang mundur karena akan bertarung dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari 2024 adalah Aksan Jaya Putra, Yudhianto Mahardika Anton Timbang dan Sudirman. Aksan Jaya Putra juga kembali terpilih pada Pemilu 2024, namun mundur dan berpasangan dengan Andi Sulolipu di Pilwali Kendari.

Sudirman kembali terpilih untuk periode 2024-2029, namun mundur untuk tampil di Pilwali 2024 bersama dr.Siska Karina Imran. Anggota DPRD Sultra terpilih periode 2024- 2029, Abdul Rasak juga mundur untuk berlaga di Pilwali Kota Kendari dan berpasangan dengan Afdhal.

Selanjutnya, Rifqi Saifullah Razak, anggota DPRD Sultra (2019-2024) dan kembali terpilih pada Pemilu 14 Februari 2024, mundur karena akan bertarung pada Pilkada Konawe Kepulauan (Konkep). Kemudian, Wakil Ketua DPRD Sultra periode 2019-2024, Jumardin mundur karena ikut di Pilkada Kolaka Utara (Kolut) sebagai calon Wakil Bupati Kolut berpasangan dengan Nur Rahman Umar.

Anggota DPRD Sultra periode 2019-2024 lainnya yang mundur adalah Salam Sahadia yang akan bertarung di Pilkada Buton Utara (Butur). Kemudian Syamsul Ibrahim menyatakan mundur karena akan bertarung di Pilkada Konawe sebagai calon Wakil Bupati mendampingi Yusran Akbar. Terakhir Hasrat, menyatakan mundur sebagai anggota DPRD Sultra karena akan bertarung di Pilkada Bombana. (ags/b)

  • Bagikan

Exit mobile version