Guru dan Orang Tua Siswa Diedukasi Cegah Stunting

  • Bagikan
Selain guru PAUD, Diklat cegah stunting yang digelar Dikbud Wakatobi juga hadirkan perwakilan orang tua se Wakatobi. (IST)
Selain guru PAUD, Diklat cegah stunting yang digelar Dikbud Wakatobi juga hadirkan perwakilan orang tua se Wakatobi. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wakatobi menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) pecegajan stunting, kemarin. Kegiatan itu diikuti guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan orang tua siswa seWakatobi.

Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat penurunan angka stunting di Wakatobi.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Dikbud Wakatobi, Abdul Kasim mengatakan pendidikan usia dini memiliki peran strategis dalam mencegah stunting. “Dengan pelatihan ini, diharapkan kepala dan guru PAUD dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam mengidentifikasi serta melakukan pencegahan dini terhadap masalah stunting di kalangan anak didik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dikbud Wakatobi, Yulianti mengatakan pentingnya sinergi antara tenaga pendidik PAUD, orang tua dan pemerintah untuk menekan angka stunting.

“Kita juga menekankan kepada guru PAUD agar tidak hanya berperan dalam mengajar, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam menciptakan generasi sehat yang bebas dari risiko stunting,” terangnya.

Sekadar diketahui, materi pelatihan mencakup pemahaman tentang gizi seimbang, pola asuh yang baik serta deteksi dini stunting. Selain itu, peserta juga diberikan pelatihan praktis tentang bagaimana melakukan intervensi terhadap anakanak yang berisiko mengalami stunting. (thy/b)

  • Bagikan

Exit mobile version