Mahasiswa Farmasi UHO Raih Juara I LKTI Nasional

  • Bagikan
Plt Wakatobi, Ilmiati Daud bersama peserta Festival Gebyar Nada Maritim di Aula Pesanggrahan Taman Budaya Wakatobi, kemarin. (IST)
Mahasiswa dan Dosen Pembimbing FF UHO. (Dok Fakultas Farmasi UHO)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Farmasi UHO, Prof. Dr. Muhammad Arba, S.Si., M.Si., menyampaikan rasa bangganya atas prestasi mahasiswa yang kembali mengharumkan nama fakultas dan universitas.

“Mahasiswa kami kembali meraih Juara I dalam LKTI yang diadakan oleh Senat Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo,” ujarnya.

Prof. Arba menjelaskan bahwa dalam lomba tersebut peserta diminta memilih satu dari tiga tema yang disediakan, yaitu Transformasi Kesehatan, Self Medicine, dan Nursing Health Competition. Mahasiswa FF UHO memilih tema Self Medicine dengan judul karya tulis, “Smart Herbal Solution: Integrasi Toga dengan Aplikasi Kesehatan sebagai Sarana Swamedikasi.”

Sebelum mengikuti lomba, para mahasiswa harus melalui tahapan seleksi, mulai dari pengiriman abstrak, seleksi abstrak, hingga pengumpulan naskah lengkap. Setelah lulus seleksi administrasi, tiga kelompok terbaik diundang untuk mempresentasikan karya mereka di hadapan juri pada 23 September 2024. “Dalam presentasi, mahasiswa FF UHO menawarkan solusi self-medication melalui pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang terintegrasi dengan aplikasi digital. Aplikasi ini menyediakan panduan pengelolaan dan pemanfaatan Toga untuk berbagai penyakit, sehingga sangat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam tim pemenang adalah Azzahra Ramadhani, Novita Handayani, dan Sarah Amelia, dengan dosen pembimbing Fadhliyah Malik, S.Farm., M.Farm., Apt. Sebagai apresiasi, Fakultas Farmasi UHO memberikan penghargaan berupa uang tunai dan sertifikat kepada dosen pembimbing dan mahasiswa. Dukungan penuh dari fakultas terus diberikan untuk pengembangan bakat mahasiswa, baik di bidang kefarmasian maupun di bidang lain.

“Fakultas Farmasi UHO memiliki berbagai program untuk mendukung pengembangan bakat mahasiswa, seperti bimbingan akademik, program pengembangan soft skills, penyediaan fasilitas laboratorium, kegiatan ekstrakurikuler, magang, beasiswa, serta partisipasi dalam konferensi dan seminar,” lanjut Prof. Arba.

Ia juga berharap agar mahasiswa terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang telah membawa mereka meraih prestasi. “Kemenangan ini hanyalah awal dari langkah mereka untuk meraih lebih banyak pencapaian di masa depan. Mereka diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain, dan membawa nama baik universitas dalam kompetisi yang lebih besar,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan