AJP-ASLI: Nomor Urut 4, Tanda Kemenangan

  • Bagikan
Calon Wali Kota Aksan Jaya Putra/AJP (kanan) dan calon Wakil Wali Kota Kendari Andi Sulolipu/ASLI (kiri) mendapat nomor urut 4 yang diyakini sebagai simbol kemenangan di Pilwali Kendari pada 27 November 2024. (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Calon Wali Kota Aksan Jaya Putra/AJP (kanan) dan calon Wakil Wali Kota Kendari Andi Sulolipu/ASLI (kiri) mendapat nomor urut 4 yang diyakini sebagai simbol kemenangan di Pilwali Kendari pada 27 November 2024. (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- 5 pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari akan bertarung dalam pemungutan suara di Pilkada serentak 27 November 2024. Salah satunya adalah paslon Aksan Jaya Putra (AJP) dan Andi Sulolipu (ASLI). Duet AJP-ASLI mengantongi nomor urut 4 pada Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari. Bagi calon Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra, pada prinsipnya semua nomor baik, namun nomor urut 4 memiliki keistimewaan dan makna mendalam. Aksan menganggap nomor urut 4 merupakan tanda-tanda kemenangan palson AJP-ASLI di Pilwali Kendari.

Aksan menjelaskan nomor urut 4 sejalan dengan 4 tujuan utama yang ingin dicapai dalam program kerja, sebagaimana tagline Kendari BISA atau Berdaya Saing, Inovatif, Sejahtera, dan Aman.

“Sebenarnya kami tidak terlalu memikirkan soal nomor urut, karena semuanya baik. Tapi jujur saja, nomor 4 ini sejalan, dan cocok dengan program dan tagline Kendari BISA yang kami usung. In Sya Allah, ini menjadi tanda-tanda kemenangan AJP-ASLI,” ujar Aksan kepada Kendari Pos, Kamis (26/9/2024).

Selain itu, nomor urut 4 merupakan nomor urut partainya yakni Golkar. Tentunya hal itu membuat dirinya lebih mudah dalam sosialisasi. Toh, Kendari dikenal sebagai salah satu basis dan lumbung suara partai berlambang beringin itu.

Dari sisi numerologi, Aksan menjelaskan, nomor 4 itu adalah nomor yang membawa rasa aman dan stabilitas. Dia menganalogikan nomor 4 itu sebagai bentuk rasa nyaman karena dapat menopang layaknya sebuah kursi.

“Kita butuh stabilitas dan keamanan. Nah, jika kita duduk di kursi sekarang, kita merasa nyaman karena ada 4 kaki yang menopang. Selanjutnya, nomor 4 ini yang identik dengan kursi, semoga menjadi penanda bahwa AJP-ASLI yang diberi amanah duduk di kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari,” jelas Aksan.

Lebih lanjut, Aksan menyampaikan makna mendalam dari nomor urut 4 juga terletak pada keterkaitan dengan sila ke-4 Pancasila. Sila Pancasila dengan lambang kepala banteng itu berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”.

Hal itu sejalan dengan konsep pemerintahan yang hendak dijalankan AJPASLI ketika terpilih nanti. “Sangat cocok dan sejalan dengan program dan konsep yang coba kami wujudkan. Juga tentunya sesuai keinginan masyarakat kita di Kendari yakni pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,” pungkas Aksan Jaya Putra. (ags/b)

  • Bagikan