Capaian IKD di Wakatobi Masih Rendah

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Identitas Kependudukan Digital (IKD) sudah berkalikali disosialisasikan. Tak hanya di luar, melainkan di dalam pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wakatobi. Sayangnya, capaian IKD di Wakatobi baru 2 persen, masih jauh dari target nasional yang mencapai 50.

Kepala Dinas Dukcapil Wakatobi, Salihi menjelaskan pihaknya bahkan meminta secara langsung kepada masyarakat yang tengah melakukan pengurusan di ruang pelayanan agar langsung diuruskan IKD. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mau mengurus IKD.

“Padahal kita sendiri yang uruskan. Tapi, masih banyak yang kasih alasan dan tidak mau. Padahal sudah di ruang pelayanan. Makanya sekarang baru capai sekira 2 persen IKD kita,” ujarnya.

Ia berharap ada kesadaran masyarakat terkait IKD. Mengingat IKD sejatinya memberi kemudahan kepada masyarakat. Namun, pihaknya akan berupaya maksimal agar kepemilikan IKD bisa meningkat atau capai target nasional.

Sekadar diketahui, IKD adalah Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) berbentuk digital yang berisi informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui smartphone yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. (thy/b)

  • Bagikan

Exit mobile version