Nomor Urut 1, La Ode Darwin : Ini Nomor Hoki

  • Bagikan
Calon Bupati Mubar, La Ode Darwin (kiri) dan calon Wakil Bupati Mubar, Ali Basa (kanan) mendapatkan nomor urut 1 pada Pilkada Mubar. Keduanya kompak menunjukkan nomor urut 1 saat pengundian dan pencabutan nomor urut di kantor KPU Mubar, Senin (23/9/2024). (Akhirman/Kendari Pos)
Calon Bupati Mubar, La Ode Darwin (kiri) dan calon Wakil Bupati Mubar, Ali Basa (kanan) mendapatkan nomor urut 1 pada Pilkada Mubar. Keduanya kompak menunjukkan nomor urut 1 saat pengundian dan pencabutan nomor urut di kantor KPU Mubar, Senin (23/9/2024). (Akhirman/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muna Barat (Mubar) tergolong unik. Pilkada di Bumi Laworo itu hanya diikuti 1 pasangan calon (paslon).

Duet calon Bupati Mubar La Ode Darwin dan calon Wakil Bupati Mubar Ali Basa adalah satu-satunya paslon tunggal Pilkada serentak di Sultra. Menariknya, La Ode Darwin dan Ali Basa mendapat nomor urut 1 saat pengundian dan penetapan nomor urut yang digelar KPU Mubar. “Ini nomor hoki menuju kemenangan Pilkada Mubar, “ ujar La Ode Darwin di kantor KPU Mubar, Senin (23/9/2024).

La Ode Darwin mengatakan nomor urut 1 adalah nomor pertama dalam deretan angka. Dia berharap bersama Ali Basa menjadi yang terdepan dan memenangkan Pilkada Mubar. “Nomor 1 ini adalah nomor keberuntungan dan selalu di depan. In Sya Allah pada tanggal 27 November 2024, nomor 1 akan menjadi p e m e n a n g . Pilkada Mubar akan dimenangkan La Ode DarwinAli Basa,” ungkapnya.

La Ode Darwin memaknai nomor 1 sebagai nomor pemersatu. Bahwa masyarakat Mubar yang terdiri dari berbagai suku tetapi berada dalam 1 kesatuan yang utuh untuk memenangkan La Ode Darwin-Ali Basa. “Saya bersama Pak Ali Basa sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati sudah mendapatkan nomor urut 1. Ini menandakan Mubar terdiri dari berbagai macam suku tetapi kita disatukan dalam 1 kesatuan, dalam 1 bingkai untuk kemenangan La Ode Darwin-Ali Basa,” tegasnya.

“Nomor urut kami adalah 1. In Sya Allah, Mubar ke depan akan menjadi nomor 1 sebagai kabupaten yang maju dan berkembang di Provinsi Sulawesi Tenggara,” sambung La Ode Darwin, calon Bupati Mubar yang dikenal dengan tagline Liwu Mokesa itu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mubar itu menambahkan dirinya memohon doa dan dukungan penuh kepada seluruh masyarakat Mubar untuk bersama-sama memenangkan La Ode Darwin-Ali Basa. Kemudian menjadikan Pilkada Mubar sebagai Pilkada yang damai, tenang dan kondusif tanpa ada konflik ataupun permasalahan yang terjadi.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Mubar, dari ujung Desa Pajala, dari ujung Desa Latawe, kemudian dari ujung Desa Lagadi dan dari ujung Desa Lindo agar kita bersatu dalam 1 bingkai kemenangan dengan mencoblos nomor 1 yaitu pasangan La Ode Darwin-Ali Basa pada hari H 27 November 2024,” imbuh La Ode Darwin.

Sementara itu, Ketua KPU Mubar, La Tajudin mengungkapkan pengundian dan penetapan nomor urut paslon calon bupati dan wakil bupati dilaksanakan dalam pleno terbuka, sesuai ketentuan yang berlaku.

La Tajudin menjelaskan, pencabuatan nomor urut hanya diikuti dan dilakukan oleh paslon La Ode DarwinAli Basa. “Sebab, kontestasi Pilkada Mubar hanya diikuti oleh 1 paslon yaitu La Ode Darwin-Ali Basa dan akan melawan kotak kosong,” ucap La Tajudin saat membacakan berita acara penetapan nomor urut paslon peserta Pilkada Mubar tahun 2024. Pada pemungutan suara 27 November 2024, foto paslon La Ode Darwin-Ali Basa akan tertera pada nomor urut 1 di surat suara, sedangkan surat suara kedua hanya tertera nomor, tanpa gambar.

Sebelumnya, Ketua KPU Mubar La Tajudin mengatakan, jika pada pencabutan nomor urut, paslon mendapatkan nomor urut 1 maka foto gambar paslon tertera pada kertas suara dengan nomor urut 1. “Dan di kertas kedua hanya nomor urut saja, tidak ada gambar,” ujarnya.

Untuk diketahui, paslon Bupati Mubar La Ode Darwin dan Wakil Bupati Mubar, Ali Basa diusung Partai NasDem, PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, PDIP, Demokrat dan PBB. (ahi/b)

  • Bagikan

Exit mobile version