Dorong Literasi Sastra Lingkungan, Klikhijau Bersama Jurusan Bahasa dan Sastra UHO Teken MoU

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Upaya memperkuat literasi sastra dan lingkungan mencapai babak baru dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo dan Klikhijau, media yang fokus pada isu lingkungan dan gaya hidup ramah lingkungan.

Kegiatan ini dimulai dengan Kuliah Umum bertema "Membaca Diskursus Wacana Sastra terkait Krisis Ekologis" yang disampaikan Anis Kurniawan, Direktur Klikhijau. Acara berlangsung di Aula Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo. Kegiatan ini, menandai komitmen bersama untuk mendorong literasi wacana sastra dan lingkungan di Kendari pada 24 September 2024.

Penandatanganan dilakukan oleh Dr. Rasiah, S.Pd., M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra, dan Arman Jaya, S.T., Manager Program dan Fundraising Klikhijau. Kedua belah pihak sepakat mengintegrasikan literasi sastra dengan kepedulian terhadap lingkungan melalui berbagai kegiatan kolaboratif.

Kerja Sama Berkelanjutan untuk Literasi Sastra dan Lingkungan

Kerja sama ini bertujuan menciptakan platform yang meningkatkan literasi wacana sastra dengan fokus pada isu-isu lingkungan. Para pihak akan bersama menjalankan program berkaitan dengan literasi dan konservasi lingkungan, memanfaatkan sumber daya untuk pengembangan karya sastra.

Dr. Rasiah mengungkapkan, literasi sastra melibatkan pemahaman tentang lingkungan. Kolaborasi ini penting untuk memadukan sastra dan kepedulian lingkungan dalam wacana yang lebih luas.

"Isu ekologi kini menjadi perhatian global yang mendesak, dan perlu kerja sama lintas sektor, termasuk di Fakultas Ilmu Budaya," ujarnya.

Arman Jaya menambahkan, Klikhijau berkomitmen mengedepankan literasi hijau melalui jurnalisme sastra. Kerja sama ini diharapkan menghadirkan narasi kuat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui karya sastra.

Ruang Lingkup Kerja Sama

Arman menjelaskan, poin-poin kerja sama yang akan dilakukan setelah penandatanganan MoU. Ini termasuk mewadahi literasi hijau di media massa dan mengembangkan konten yang memadukan isu lingkungan dan sastra secara online dan hybrid. Selain itu, Fakultas Ilmu Budaya dapat mengirim mahasiswa untuk magang di Klikhijau.com sebagai bagian dari program Merdeka Belajar.

"Kegiatan pelatihan dan workshop juga direncanakan untuk memperkuat kompetensi di bidang sastra dan lingkungan," ujar Arman dalam keterangan tertulisnya, Selasa malam (24/9/2024).

Kerja sama ini mencerminkan komitmen kedua pihak untuk berkontribusi aktif dalam pengembangan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya literasi lingkungan, sekaligus memperkenalkan narasi hijau melalui pendekatan sastra.

Penandatanganan MoU ini diharapkan memberikan dampak jangka panjang dalam pendidikan, khususnya dalam membangun generasi yang lebih peduli terhadap lingkungan melalui sastra.

Dengan semakin pentingnya isu lingkungan di dunia modern, kolaborasi ini diharapkan menjadi contoh bagi institusi lain untuk terlibat dalam literasi hijau. (KP)

  • Bagikan

Exit mobile version