Babak Ketiga Pertarungan Pilgub

  • Bagikan
4 paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra usai pengundian dan penetapan nomor urut di Claro Hotel Kendari, Senin (23/9/2024). Paslon nomor urut 1, RuksaminSjafei Kahar, paslon nomor urut 2, Andi Sumangerukka-Hugua, paslon nomor urut 3, Lukman Abunawas-La Ode Ida dan paslon nomor urut 4, Tina Nur Alam-LM Ihsan Taufik Ridwan. (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
4 paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra usai pengundian dan penetapan nomor urut di Claro Hotel Kendari, Senin (23/9/2024). Paslon nomor urut 1, RuksaminSjafei Kahar, paslon nomor urut 2, Andi Sumangerukka-Hugua, paslon nomor urut 3, Lukman Abunawas-La Ode Ida dan paslon nomor urut 4, Tina Nur Alam-LM Ihsan Taufik Ridwan. (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

-- 4 Paslon Sebut Nomor Urut Berkah, Simbol Persatuan dan Pilar Pembangunan Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pertarungan 4 pasangan calon (paslon) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sultra memasuki babak ketiga, yakni penetapan nomor urut, Senin (23/9/2024). Babak pertama, adalah masa pendafaran. Babak kedua, penetapan paslon. Setelah babak ketiga, 4 paslon akan mengikuti babak 4, pertarungan ide/gagasan dalam kampanye. Lalu, babak 5, pemungutan suara dan babak 6 (akhir), menjadi pemenang Pilgub 2024.

Dari hasil pengundian dan penetapan nomor urut, paslon Ruksamin-Sjafei Kahar mendapat nomor urut 1. Disusul, paslon Andi SumangerukkaHugua dengan nomor urut 2. Lalu, paslon Lukman Abunawas-La Ode Ida mendapat nomor urut 3 dan paslon Tina Nur Alam-LM Ihsan Taufik Ridwan mendapat nomor urut 4.

Proses pengundian dan penetapan nomor urut berlangsung transparan.

Sebelum mengambil nomor urut, masing-masing calon wakil gubernur mengambil nomor undian. Calon Wakil Gubernur Hugua mendapat nomor undian 1, Sjafei Kahar 3, Ihsan 9 dan La Ode Ida dapat nomor undian 11. Atas dasar itu, pengambilan nomor urut di awali dari nomor undian terkecil sampai terbesar.

Paslon pertama yang mengambil nomor urut yakni Andi Sumangerukka-Hugua dan mendapatkan nomor urut 2. Kemudian paslon Ruksamin-Sjafei Kahar mendapatkan nomor urut 1. Selanjutnya paslon Tina Nur Alam-Ihsan mendapat nomor urut 4 dan paslon Lukman Abunawas-La Ode Ida memperoleh nomor urut 3.

Dari hasil pengundian nomor urut tersebut, KPU Sultra melalui Ketua KPU Asril menetapkan dan memutuskan nomor urut calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra 2024.

Asril mengatakan, usai rapat pleno ini akan digelar deklarasi kampanye damai semua paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra di pelataran eks MTQ Kendari pada hari ini, Selasa 24 September 2024. “Semua paslon mengenakan pakaian kebudayaan Sultra,” ujarnya dalam rapat pleno yang digelar di Claro Hotel Kendari, Senin (23/9/2024).

Di tempat yang sama, calon Gubernur Sultra Ruksamin mengatakan, sejak awal sudah yakin akan mendapatkan nomor urut 1. Bukan saja didasari hati dan pikiran memperoleh nomor urut 1, namun ia bersama Sjafei Kahar senantiasa berdoa untuk dimudahkan dan dalam perjuangan memenangkan pilgub Sultra 2024.

“Mendapatkan nomor urut 1 buah dari doa-doa yang selama ini dilantunkan oleh pendukung maupun simpatisan dan keluarga besar yang menginginkan kami memimpin Sultra,” kata Ruksamin.

Makna dari nomor 1 adalah juara. Ruksamin berkeyakinan akan menjuarai pilgub Sultra 2024. “In Sya Allah saya bukan calon gubernur tapi jadi Gubernur Sultra. Nomor urut 1 adalah berkah karena juga mengandung makna persatuan dan kesatuan. Mari bersatu menjadikan Sultra sebagai pusat energi dunia,” ujar Ruksamin.

Calon Gubernur Sultra, Andi Sumangerukka mengatakan, semua calon gubernur dan wakil gubernur adalah putra-putri terbaik Sultra. Oleh karena itu, rakyat diperhadapkan dengan pilihan terbaik dan akan menentukan sikap menentukan 1 pilihan.

“Pada kesempatan ini saya bersama Hugua sangat bersyukur mendapatkan nomor urut 2. Ini berkah dan kami optimis memenangkan pilgub Sultra,” kata Andi Sumangerukka.

Sementara itu, calon Gubernur Sultra Lukman Abunawas mengucapkan terima kasih kepada KPU Sultra atas digelarnya undian nomor urut bagi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra. Ia membeberkan bahwa nomor urut 3 melambangkan kekuatan. “Nomor urut 3 juga menggambarkan visi misi kami mewujudkan Sultra Emas dengan pilar memajukan ekonomi daerah, aman dan religius,” kata Lukman Abunawas.

Calon Gubernur Sulta Tina Nur Alam mengatakan, nomor urut 4 bagian dari melambangkan 4 pilar Sultra yang bersatu membangun daerah. Hal itu juga sejalan dengan misi Bahteramas Berlayar Kembali yang menjadi patron pembangunan daerah ke depan jika ia dan Ihsan dipercaya memimpin Sultra. “Kami sangat senang dan bersyukur mendapatkan nomor urut 4. Ini sesuai harapan kami,” kata Tina Nur Alam. (ali/b)

  • Bagikan